Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300

Banjir Kalteng Tak Boleh Terulang, Mensos Risma Desak Cari Akar Masalahnya

- Apahabar.com     Jumat, 17 September 2021 - 07:36 WITA

Banjir Kalteng Tak Boleh Terulang, Mensos Risma Desak Cari Akar Masalahnya

FOTO: Mensos Risma (kanan) berdiskusi dengan Wagub Kalteng (kiri) Edy Pratowo di Taman Religi Kasongan, Kabupaten Katingan, Kamis (16/9). Foto-Antara

apahabar.com, KASONGAN – Banjir menimpa sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng), terutama di Kabupaten Katingan, tak luput dari perhatian Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Dalam kunjungannya selepas dari Kalimantan Selatan (Kalsel), Mensos Risma bertolak ke Kalteng meninjau lokasi banjir, Kamis (17/9).

Mensos Risma mengatakan perlunya strategi dan kebijakan yang komprehensif dalam menangani banjir di Kalteng, terutama Katingan.

“Tidak bisa setiap tahun terus begini, jadi harus ada strategi menyelesaikan hingga akar masalahnya,” kata dia saat berada di Taman Religi Kasongan seperti dilansir Antara, Kamis (17/9).

Mantan Wali Kota Surabaya ini menjelaskan bahwa banjir mengakibatkan warga menghadapi kesulitan hidupnya.

“Terlebih aliran sungai bukan hanya di wilayah Katingan, sehingga diperlukan sinergi beberapa kabupaten kota lainnya. Untuk itu diharapkan nantinya dari pemerintah provinsi bisa memfasilitasi pengorganisasian ini,” katanya.

Ia juga mengingatkan hal yang juga perlu menjadi perhatian bersama, yakni terkait pendataan korban bencana.

Data masyarakat, katanya, harus riil guna memudahkan penerapan aturan distribusi bantuan sehingga tepat sasaran.

Berdasarkan data yang disampaikan Kemensos, di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir diberikan bantuan berupa makanan siap saji 156 paket, makanan anak 102 paket, selimut 50 lembar, “kids ware” 30 paket, “family kit” 30 paket, “foodware” 35 paket, perlengkapan dapur 35 unit, matras 100 lembar, dan kasur lipat 20 lembar.

“Makanan siap saji ini agar bisa segera didistribusikan, khususnya untuk wilayah yang jaraknya jauh, sehingga bisa bertahan lebih lama dan meringankan beban masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengakui pentingnya penanganan masalah banjir yang berdampak jangka panjang di daerah itu.

“Yang terpenting adalah penanganan jangka panjangnya yang harus dipikirkan bersama supaya ini tidak terulang lagi,” ungkapnya.

Sebelum meninjau wilayah terdampak banjir di Kasongan, Katingan, Mensos Risma beserta jajaran didampingi Wagub Edy Pratowo mengunjungi dapur umum lapangan Tagana di kawasan Mendawai, Palangka Raya yang juga terdampak banjir.

Kronologis OTT KPK di Amuntai HSU, Beranjak dari Laporan Masyarakat

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

PWI Barut-Kodim 1013 Muara Teweh Gelar Pelatihan Jurnalistik
Akhirnya, Terdakwa Karhutla di Teweh Hanya Divonis 7 Bulan Penjara

Kalteng

Akhirnya, Terdakwa Karhutla di Teweh Hanya Divonis 7 Bulan Penjara
Bupati Ben Brahim

Kalteng

Kasus Covid-19 Kapuas Melandai, Bupati Ben Brahim Ingatkan Warga Jangan Lengah

Kalteng

Pejabat di Kapuas Teken Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja

Kalteng

Pria Sebatang Kara di Kapuas Kalteng Ditemukan Tak Bernyawa di Rumahnya
Danrem

Kalteng

Mengharukan, Simak Pesan Terakhir Danrem 033/Wira Pratama
apahabar.com

Kalteng

Jelang Pilkada, Warga Kapuas Murung Diminta Tak Mudah Terprovokasi
apahabar.com

Kalteng

Teliti Obat Diabetes, 3 Siswi MtsN Kotim Wakili Indonesia ke Turki
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com