Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300

Bawa Misi Sosial, Ormas Rumpis Bersiap Eksis di Kotabaru

- Apahabar.com     Minggu, 19 September 2021 - 17:19 WITA

Bawa Misi Sosial, Ormas Rumpis Bersiap Eksis di Kotabaru

Ormas Rumpis Kotabaru menggelar rapat koordinasi, dan konsultasi bersama instansi pemerintahan. Foto-apahabar.com/Masduki.

apahabar.com, KOTABARU – Organisasi kemasyarakatan (Ormas) bernama Forum Peduli Bumi Sa Ijaan (Rumpis) segera eksis di Kotabaru, Kalsel.

Ormas baru ini dibentuk membawa misi dan misi sosial, dan telah tesmi terdaftar di pemerintah daerah atau Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat.

Sementara kepengurusannya sendiri tidak hanya bakal dibentuk setingkat kabupaten, namun kecamatan hingga tingkat desa se-Kotabaru.

Sebagai bentuk keseriusannya, pembina, ketua bersama para pengurus Ormas Rumpis pun telah menggelar rapat koordinasi, dan konsultasi bersama sejumlah instansi pemerintahan, Minggu (19/9).

Panitia menghadirkan pihak berkompeten di bidangnya. Seperti, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Dinas Sosial, serta Dinas Koperasi Kotabaru.

Menariknya, Kepala Kesbangpol, Adi Sutomo, anggota DPRD, Rabbiansyah, atau Roby, Masiarah Amin, serta mantan Ketua DPRD Alpidri Supian Noor hadir sebagai pembicara.

Selain memberikan dukungan penuh atas pendirian Ormas Rumpis, para pembicara juga memberikan motivasi, serta berbabagi resep jitu kiat berorganisasi, hingga cara pengembangannya.

Adi Sutomo mengatakan, berkaca pada aturan, sebuah organisasi sudah semestinya dapat berjalan sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD-ART).

Sementara Ormas Rumpis telah resmi terdaftar di daerah, dan memiliki surat keterangan terdaftar (SKT) dari Kesbangpol.

“Kami membuka ruang untuk memberikan bimbingan, dan mendukung Ormas Rumpis ini. Silakan berorganisasi, dan manfaatkan peluang yang ada untuk kemajuan organisasi,” ujar Tomo, sapaan akrabnya itu.

Roby menambahkan, kesuksesan pengurus dalam berorganisasi seyogyanya mengedepankan beberapa hal. Diantaranya, ihwal keterbukaan, amanah, dan jujur kepada para anggota.

“Nah, kalau beberapa poin itu bisa diterapkan, maka dapat dipastikan organisasi akan berjalan dengan baik, maju, dan besar,” ujar Roby.

Selain itu, Roby menekankan agar seluruh anggota organisasi dapat menjaga kekompakan, dan saling menghargai jika terdapat pandangan yang berbeda.

“Hal terpenting lainnya, peran ketua juga menjadi hal terpenting menghadapi persoalan di internal ormas, sehingga persoalan dapat segera terselesaikan dengan baik,” pungkas Roby.

Sementara Suparno, Wakil Ketua Umum Pengurus Ormas Rumpis mengatakan, kegiatan tersebut selain pembekalan sumberdaya manusia pengurus, juga sekaligus pembentukan kepengurusan.

“Jadi, kami kedepannya akan melakukan berbagai kegiatan sosial untuk masyarakat, dan membentuk koperasi untuk kemajuan anggota, dan bermanfaat untuk masyarakat Sa Ijaan ini,” ujar Suparno.

Darman Panjaitan, menambahkan Ormas Rumpis dibentuk untuk sosial, dan berbuat kebaikan kepada sesama.

“Kami akan gerak di bidang sosial kemasyarakatan, kesehatan, dan ekonomi. Misalnya, soal kesehatan kita bisa adakan donor darah untuk membantu masyarakat,” pungkas Darman, sebagai bendahara Ormas Rumpis itu.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kota Baru

Giliran Lanal Gelar Vaksinasi di Pesisir Pulau Laut Kotabaru

Kota Baru

Terobos Hujan Lebat, Satlantas Kotabaru Bagikan Ratusan Nasi Bungkus
DPRD Kotabaru

Kota Baru

DPRD Kotabaru Paripurnakan Raperda Inisiatif Dana Bantuan dan Beasiswa Pendidikan

Kalsel

Wanita Muda di Banua Lawas Kotabaru Dijambret, Duit Puluhan Juta Raib

Ekbis

Strategi Pengusaha Warung Kopi Darat Kotabaru Bertahan di Tengah Pandemi

Kota Baru

Karirnya Melejit, Ini Cerita Penjual Martabak Bisa Nakhodai PAN Kotabaru
Banjir Kalteng

Kota Baru

Siswa Pintu Gerbang Pulau Laut Galang Donasi untuk Banjir Kalteng
Covid-19

Kalsel

Segini Jatah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama untuk Nakes Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com