Pemukiman Warga Danau Rangas Palangka Raya Kini Jadi Daerah Banjir Terparah Duh, Petugas Dishub Palangka Raya Dipukul Gegara Tertibkan Jukir Liar Tugu Soekarno Azis Syamsuddin Tersangka Dugaan Suap Terancam Hukuman Hanya 5 Tahun Penjara Jadi Tersangka, Azis Syamsuddin Diduga Suap Mantan Penyidik KPK Rp 3,1 Miliar Bukti Cukup, KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Tersangka Suap

Biden Serukan Taliban Penuhi Janji-janji Usai Tentara AS Ditarik

- Apahabar.com     Rabu, 1 September 2021 - 15:26 WITA

Biden Serukan Taliban Penuhi Janji-janji Usai Tentara AS Ditarik

Joe Biden. Foto-AP Photo/Evan Vucci

apahabar.com, WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menegaskan bahwa pemerintahannya akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan kelompok Taliban memenuhi janji dan komitmen mereka, termasuk memberikan jalur aman bagi siapa saja yang ingin meninggalkan Afghanistan.

Lansir Detik.com dari CNN, Rabu (1/9/2021), Biden membahas soal resolusi yang baru diloloskan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) terkait situasi Afghanistan. Resolusi itu menyerukan pembentukan ‘jalur aman’ bagi orang-orang yang ingin pergi dari bandara Kabul.

“Itu mengirimkan pesan jelas tentang apa yang diharapkan komunitas internasional dari Taliban untuk mampu bergerak maju, khususnya, kebebasan perjalanan, kebebasan untuk pergi,” ucap Biden.

“Bersama, kita bergabung dengan lebih 100 negara yang bertekad memastikan Taliban memenuhi komitmen-komitmennya. Itu akan mencakup upaya berkelanjutan di Afghanistan untuk membuka kembali bandara juga rute darat, memungkinkan keberangkatan lanjutan untuk mereka yang ingin pergi, dan memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan,” imbuhnya.

Disebutkan juga oleh Biden bahwa Taliban juga menyampaikan komitmen publik ‘yang disiarkan televisi dan radio di seluruh Afghanistan’ soal jalur aman untuk siapapun yang ingin pergi, termasuk mereka yang pernah bekerja dengan AS.

“Kita tidak menilai mereka hanya dengan kata-kata mereka, tapi dengan tindakan mereka. Dan kita memiliki pengaruh untuk memastikan komitmen-komitmen itu dipenuhi,” tandasnya.

Biden sebelumnya menegaskan komitmen untuk mengevakuasi warga AS, maupun warga Afghanistan dan warga negara lainnya, yang masih berada di Afghanistan setelah seluruh tentara AS ditarik.

Biden menyatakan AS akan terus melanjutkan upaya-upaya diplomatik untuk mengevakuasi mereka yang tertinggal, tanpa batas waktu.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Internasional

Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Brasil Tembus 500 Ribu

Internasional

Blak-blakan, Prancis Tolak Pemerintahan Baru Afganistan

Internasional

Jokowi ke Erdogan: Agresi Israel Harus Dihentikan!
apahabar.com

Internasional

Oasis Al-Ahsa Arab Saudi Masuk Rekor Dunia
apahabar.com

Internasional

10 Ribu Orang Turun ke Jalan Tuntut Kebebasan Pers
Gorila

Internasional

Aneh! 2 Gorila di Kebun Binatang Ini Positif Covid-19
world hijab day

Internasional

Hari Ini World Hijab Day, Kampanye Mengakhiri Fobia
apahabar.com

Internasional

59 Mumi Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Mesir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com