Paman Birin Doktor Kehormatan, Mahasiswa Bergerak ‘Kuningkan’ ULM Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

Bukti Cukup, KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Tersangka Suap

- Apahabar.com     Sabtu, 25 September 2021 - 06:57 WITA

Bukti Cukup, KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Tersangka Suap

FOTO: KPK akhirnya menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsudin tersangka suap, Sabtu (25/9). Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (AZ) sebagai tersangka suap terkait dengan penanganan perkara korupsi di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Sabtu (25/9) dini hari WITA.

“Kegiatan dalam rangka pengumpulan bahan keterangan dan barang bukti tadi telah menemukan bukti permulaan cukup sehingga kami tingkatkan ke tahap penyidikan dan pagi hari ini kami sampaikan kepada segenap anak bangsa bahwa saudara AZ Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 sebagai tersangka,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung KPK seperti dilansir Antara, Sabtu.

Dalam perkara tersebut, lanjut Firli, tim penyidik yang dipimpin oleh Direktur Penyidikan melakukan upaya paksa menangkap Azis dengan langsung mendatangi rumah kediamannya di Jakarta Selatan.

“Mengingat yang bersangkutan meminta penundaan pemanggilan dan pemeriksaan pada Jumat (24/9) karena yang bersangkutan memberikan keterangan kepada KPK bahwa yang bersangkutan sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena sempat berinteraksi dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid-19,” kata Firli.

Oleh karena itu, KPK mengonfirmasi dan melakukan pengecekan kesehatan yang bersangkutan yang dilakukan oleh tim penyidik dengan melibatkan tenaga medis.

“Hasil pengecekan kesehatan terhadap AZ dilakukan di rumah beliau dengan hasil menunjukkan bahwa hasil tes swab antigen nonreaktif Covid-19 sehingga bisa dilakukan pemeriksaan oleh KPK,” ucap Firli.

Tim KPK, kata dia, selanjutnya membawa Azis ke Gedung KPK, Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan.

Atas kasusnya tersebut, tersangka Azis disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Banjir di Kemayoran, Pelajar Tewas Tersengat Listrik
apahabar.com

Nasional

Kasus Gilang ‘Bungkus’, Polisi Ungkap Sederet Kendala
Heboh, Dua ABK China di Kotabaru Terindikasi Corona

Nasional

Dinkes Sebut Dua ABK di Kotabaru Negatif Corona

Nasional

BPP HIPMI Gelar Vaksinasi di Gresik, Sediakan 10.000 Vaksin
Ilustrasi, seleksi PPPK guru tahap I. Foto-Antara

Nasional

Hari Ini, Hasil Seleksi PPPK Guru Tahap I Diumumkan

Nasional

Daftar Wilayah yang Dapat 5G Telkomsel dan Indosat
apahabar.com

Nasional

Pelindo IV Target Berangkatkan 3.000 Pemudik Lebaran
apahabar.com

Nasional

Menperin Optimistis UU Cipta Kerja Akan Pacu Reindustrialisasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com