Ribuan Gram Sabu hingga Ratusan Butir Ekstasi di Banjarmasin Dimusnahkan BREAKING! Tim Advance Pak Jokowi Tiba di Bandara Syamsudin Noor Arus Lalu Lintas Jembatan Sei Alalak Sementara Dialihkan, Catat Kapan Ditutup Total Asyik di Hammock, 4 Pasang Muda-Mudi Banjarbaru Digaruk Pol PP Geger Api di Hapalah Tabalong, Bantuan Mulai Mengalir

Cara Membuat Laporan Keuangan dengan BukuWarung

- Apahabar.com     Sabtu, 18 September 2021 - 20:18 WITA

Cara Membuat Laporan Keuangan dengan BukuWarung

Ilustrasi laporan keuangan - ilustrasi: istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Segala sesuatu sudah terdigitalisasi, tanpa terkecuali bidang keuangan. Penting bagi para pelaku usaha untuk memiliki laporan keuangan.

Bagi Anda yang masih bingung cara membuat laporan keuangan, berikut cara menyusun laporan keuangan bisnis.

Menyusun Neraca Saldo

Dalam akuntansi, neraca saldo adalah suatu daftar rekening-rekening buku besar dengan saldo debet atau kredit. Penyusunan dilakukan ketika semua jurnal sudah dibukukan dalam masing-masing rekeningnya di buku besar.

Lantaran penyusunannya dilakukan sebelum adanya ayat jurnal penyesuaian, maka neraca ini sering disebut Neraca Saldo. Sebelum penyesuaian, informasi yang disajikan dapat digunakan untuk mengecek keseimbangan debet dan kredit dari seluruh rekening di buku besar. Pengecekan ini juga merupakan tahap pertama untuk membuat jurnal penyesuaian dan neraca lajur.

Pengumpulan Data Untuk Jurnal Penyesuaian

Mungkin ada beberapa transaksi yang belum tercatat dan belum sesuai dengan keadaan di akhir periode. Dengan begitu, data tersebut dikumpulkan untuk membuat jurnal penyesuaian.

Menyusun Neraca Lajur

Neraca lajur atau kertas kerja merupakan suatu cara yang memudahkan penyusunan laporan keuangan yang dimulai dari neraca saldo dan disesuaikan dengan data yang diperoleh dari jurnal penyesuaian.

Saldo yang sudah sesuai akan terlihat dalam kolom neraca saldo. Saldo itu juga akan dilaporkan dalam neraca dan laporan rugi laba.

Mulai Membuat Laporan Keuangan

Laporan tersebut terdiri dari rugi laba, perubahan modal, serta laporan lainnya.

Laporan-laporan tersebut dapat disusun langsung di neraca lajur, karena dalam neraca lajur sudah dipisahkan jumlah-jumlah yang dilaporkan dalam neraca atau laporan rugi laba.

Ketika kedua laporan tersebut diubah bentuknya, maka akan menghasilkan neraca dan laporan rugi laba yang lebih mudah dibaca dan dianalisa.

Menyesuaikan dan Menutup Rekening

Ketika rekening-rekening di dalam buku besar sudah disesuaikan, maka berikutnya membuat jurnal penutupan. Hal ini berguna untuk menutup rekening-rekening nominal ke rekening rugi laba dan memindahkan saldo rugi laba ke rekening laba tidak dibagi.

Informasi pada jurnal tersebut selanjutnya harus dibukukan ke buku besar sesuai dengan rekening-rekening yang bersangkutan.

Menyusun Neraca Saldo setelah Penutupan

Untuk mengecek keseimbangan debet dan kredit rekening-rekening yang masih terbuka, maka buatlah neraca saldo setelah penutupan yang isinya rekening-rekening riill saja, bukan termasuk nominal yang sudah ditutup.

Laporan keuangan tersebut dapat dengan mudah kita buat dengan aplikasi pembukuan keuangan yang dapat kita akses kapanpun dan dimanapun.

Salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan ialah bukuwarung. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, ini memungkinkan Anda melakukan pencatatan transaksi bisnis dengan mudah hanya melalui gadget.

Selain itu, juga memiliki berbagai fitur menarik seperti pengigat pencatatan, top up ewallet, pengisian pulsa, dan berabagai hal menarik lainnya. Segera download aplikasinya dan nikmati kemudahannya.

Editor: Tim Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Awal Pekan Cerah, Rupiah Melesat 45 Poin
apahabar.com

Ekbis

Cadangannya 1,8 Miliar Ton, Tambang Freeport Bisa Produksi hingga 2051
apahabar.com

Ekbis

Kemenpan RB Tinjau Mal Pelayanan Publik Barokah Kabupaten Banjar
apahabar.com

Ekbis

Cukup Bayar Rp 2 Juta, Yamaha Aerox Bisa Dibawa Pulang
Dolar

Ekbis

Pasar Asia, Dolar AS Naik ke Level Tertinggi 2,5 Tahun Terhadap Yen
apahabar.com

Ekbis

Bank Sentral Sudah Turunkan Suku Bunga, Rupiah Tetap Melemah
apahabar.com

Ekbis

New Normal Bikin Rupiah Menguat Pagi Ini
apahabar.com

Ekbis

Siapkan Rp 12 Triliun Suntik BPJS Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com