Paman Birin Doktor Kehormatan, Mahasiswa Bergerak ‘Kuningkan’ ULM Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

Catat! Janji Wali Kota Balikpapan Soal BPJS Kesehatan Gratis

- Apahabar.com     Senin, 27 September 2021 - 17:47 WITA

Catat! Janji Wali Kota Balikpapan Soal BPJS Kesehatan Gratis

Rapat pemerintah bersama BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota, Dinas Sosial, yang dipimpin langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah kota Balikpapan baru saja melakukan diskusi teknis mengenai pelaksanaan iuran BPJS Kesehatan bagi peserta Kelas Tiga secara gratis.

Hal ini setelah hasil rapat internal pemerintah bersama BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota, Dinas Sosial, yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud di Aula Pemkot pada Senin siang (27/9).

Dalam pembahasan tersebut Pemkot memastikan iuran untuk BPJS Kesehatan kelas tiga gratis dimulai 1 Oktober hingga Desember 2021. Dalam program ini Pemkot mengucurkan dana APBD sebesar Rp13 Miliar untuk iuran gratis selama tiga bulan ini.

“Total anggaran yang kami siapkan untuk tiga bulan ini sekitar Rp 13 Miliar. Jadi sepanjang dia warga dan KTP Balikpapan, tidak ada batasan, tapi dia harus memenuhi persyaratan tadi, dia kelas tiga dan bukan PBPU,” ujar Rahmad Masud usai pertemuan.

Rahmad mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir lagi mengenai pelayanan kesehatan, namun ia tetap meminta masyarakat yang memiliki tunggakan di BPJS Kesehatan tetap harus dilunasi.

“Jadi tidak ada tagihan karena pemerintah sudah bayarkan kepada seluruh warga yang BPJS Kelas 3. Adapun masalahtunggakan itu masalah pribadi sendiri, jangan sampai dia meninggalkan utang. Boleh dicicil tapi tidak mengurangi haknya mendapatkan pelayanan kesehatan mulai 1 Oktober nanti,” jelasnya.

Saat ini yang diajukan pemkot Balikpapan untuk program BPJS Kesehatan Gratis untuk peserta kelas 3 sebanyak 119.815 peserta ditambah data eksisting yang sebelumnya telah mendapat tanggungan iuran kepesertaan sebanyak 19.240 peserta. Kemudian terdapat 25.285 orang yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Sehingga total yang diajukan untuk program ini sebanyak 139.055 peserta.

“Yang menunggak 35.194, tapi ini tetap mendapatkan pelayanan dan dibayarkan. Sambil nanti diverifikasi juga warga yang belum mendaftar nanti akan diverifikasi, kalau memang dia berhak mendapatkan ya pasti nanti kita bayarkan,” ungkapnya.

Ditanya sampai kapan program ini berjalan? Rahmad mengatakan selama dirinya menjabat Wali Kota Balikpapan program ini akan terus berjalan. Yakni di tahun 2022 dan seterusnya Pemkot akan menanggung beban iuran kepesertaan BPJS Kesehatan kelas 3.

“Nah saya sekalian klarifikasi bahwa BPJS Kesehatan gratis ini bukan hanya berlaku tiga bulan ini saja, di tahun 2021 ini memang hanya tiga bulan saja karena berlaku baru bulan Oktober sampai Desember ini saja. Nanti tahun depan ya itu tadi, selama saya menjabat Wali Kota, BPJS Kesehatan akan gratis,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pelabuhan Klotok

Kaltim

Pelabuhan Klotok di Balikpapan Masih Beroperasi, Pemudik Dilarang Lewat
kabupaten paser

Kaltim

Si Jago Merah Lalap Habis Toko Sembako di Kuaro, Kabupaten Paser

Kaltim

Bersihkan Lahan, Warga Balikpapan Kaget Temukan Mortir Perang Dunia Kedua

Kaltim

Berantas Premanisne, Kapolda Kaltim: Di Sini Nggak Ada Tempat untuk Preman
Kaltim

Kaltim

Aksi Ibu di Kaltim Viral, Terlindas Truk Demi Selamatkan Anak
Kebakaran Gunung Bugis

Kaltim

Kebakaran Hebat di Gunung Bugis Balikpapan, Musala Al Iklas Tak Tersentuh Api

Kaltim

205 Gram Sabu ‘BOS’ Giring Pria Paruh Baya di Balikpapan ke Penjara
apahabar.com

Kaltim

Tahun Ini, Kepulauan Derawan Ditarget Bebas Anjing Gila
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com