Arus Lalu Lintas Jembatan Sei Alalak Sementara Dialihkan, Catat Kapan Ditutup Total Asyik di Hammock, 4 Pasang Muda-Mudi Banjarbaru Digaruk Pol PP Geger Api di Hapalah Tabalong, Bantuan Mulai Mengalir Namanya Menasional, MHM Dinilai Potensial untuk RI-2 Lakon “Hamil” STB Uniska Warning Krisis Kepedulian Generasi Muda

Cegah Penyalahgunaan Dana Hibah, Pemkab HST Sosialisasikan Proses Pencairan hingga Pertanggungjawaban

- Apahabar.com     Selasa, 28 September 2021 - 08:52 WITA

Cegah Penyalahgunaan Dana Hibah, Pemkab HST Sosialisasikan Proses Pencairan hingga Pertanggungjawaban

Bupati Aulia saat membuka sosialisasi proses pencairan dan pertanggungjawabannya penerimaan dana hibah di bidang keagamaan di Pendoponya, Senin (27/9). Foto: Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Mencegah terjadinya penyalahgunaan dana hibah, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyosialisasikan proses pencairan dan pertanggungjawabannya, khususnya bagi organisasi penerima hibah di bidang keagamaan.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi menyebut berdasarkan analisis dari BPK dan KPK, dana hibah dan bantuan sosial adalah sasaran yang paling mudah disalahgunakan.

“Oleh karena itu, pemahaman yang benar tentang dana hibah harus senantiasa disebarluaskan diseluruh jajaran instansi dan masyarakat,” kata Auliia usai membuka resmi kegiatan sosialisasi di pendoponya, Senin (27/9).

Sosialisasi bantuan hibah, lanjut Aulia, dilakukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan terkait dengan persyaratan calon penerima hibah.

“Termasuk proses pencairan dan penyusunan laporan pertanggung jawabannya. Tujuannya adalah dalam rangka tertib penyaluran, pemanfaatan dan pertanggungjawaban atas dana bantuan hibah dari Pemkab HST tahun 2021,” terang Aulia.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda HST, H Ahmadi menyampaikan per 2021 ini belanja hibah badan, lembaga, ormas berbadan hukum seluruhnya berjumlah Rp 1.282.500.000.

“Dari APBD HST berjumlah Rp 1.082.500.000 dan dari Pemerintah Prov Kalsel Rp 200.000.000 untuk masjid atau langgar yang terdampak musibah banjir bandang pada 14 Januari 2021,” kata Ahmadi.

Sebelumnya, kegiatan sosialisasi hibah urusan keagamaan atau peribadatan dalam hal pembangunan dan pemeliharaan rumah ibadah dinilai positif dan penting oleh Bupati HST, terutama untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada seluruh stakeholder.

Juga agar lembaga penerima bantuan dapat memahami tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pelaporan serta monitoring dan evaluasi belanja hibah dan belanja bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

Dalam sambutannya bupati berharap para penerima bantuan hibah dapat memperhatikan secara seksama dan sungguh-sungguh menyimak materi dalam sosialisasi yang sudah disampaikan.

“Sehingga dapat mengerti, memahami dengan baik dan benar serta mampu mengaplikasikan pada lembaga masing-masing”, tutur Aulia.

Pemberian hibah, kata Aulia, juga merupakan bentuk kepedulian Pemkab HST kepada seluruh penerima hibah. Serta perwujudan komitmen dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kinerja pemerintah.

“Kami berharap agar penerima hibah membuat laporan pertanggungjawaban yang mempresentasikan bahwa dana hibah yang diterima telah dipergunakan sesuai dengan usulan, dan harus disertai bukti-bukti pengeluaran yang lengkap dan sah sesuai aturan,“ tutup Aulia.

Hadir dalam pembukaan sosialisasi. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Staf Ahli Bupati, Ketua MUI HST, Para Camat terkait dan para undangan penerima hibah.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Meratus

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Warga Meratus Diduga Diserang Beruang, Alami Luka di Bagian Kaki
Kejari HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Mudahkan Pelayanan untuk Masyarakat, Kejari HST Punya Program Andalan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sekda HST: Clean and Good Goverment Modal Pertahankan Opini WTP

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Duh! Dana Insentif dari Pusat Seret, HST Kesulitan Keuangan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Status Covid-19 Diperpanjang, Pemkab HST Optimalkan Pengawasan dan Sosialisasi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Gelar Pertunjukan Virtual Seni Rakyat Tradisional
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Gerbong Pejabat Bergeser, Chairansyah Harapkan Kontribusi Bagi HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Respons Rate Melebihi Target, Pemkab HST Diganjar Penghargaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com