Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

Cek Ketersediaan Obat Covid-19 di Apotek, Intip Gaya Erick Thohir Jadi ‘Apoteker’

- Apahabar.com     Minggu, 5 September 2021 - 08:59 WITA

Cek Ketersediaan Obat Covid-19 di Apotek, Intip Gaya Erick Thohir Jadi ‘Apoteker’

Erick Thohir Cek Ketersediaan Obat Covid-19. Foto-Humas Kementerian BUMN

apahabar.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir mengecek ketersediaan vitamin dan obat-obat Covid-19 di apotek di bawah koordinasi Kimia Farma.

Selain melihat ketersediaan tujuh jenis obat Covid-19, yakni Azithromycin, Favipiravir, Immunoglobulin, Ivermectin, Oseltamivir, Remdesivir, dan Tocilizumab, Erick Thohir juga memeriksa kecocokan data obat-obat tersebut dengan data yang terdapat di aplikasi Farmaplus atau situs https://farmaplus.kemkes.go.id/.

“Program vaksinasi yang terus digencarkan pemerintah demi mempercepat terbentuknya herd immunity harus pararel dengan ketersediaan obat-obatan untuk Covid-19 yang mencukupi, sehingga selalu siap di saat masyarakat membutuhkan. Menurut saya, keberadaan aplikasi dan situs Farmaplus sangat membantu masyarakat untuk mengecek apotek terdekat yang menyediakan obat-obatan tersebut. Tadi saya sudah cek, ternyata cocok data yang ada di aplikasi Farmaplus dengan ketersediaan obatnya di apotek Kimia Farma,” ujar Erick Thohir saat melakukan pengecekan di apotek Kimia Farma yang terdapat di wilayah Depok, Jawa Barat, Sabtu seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (5/9/2021).

Saat ini, kasus positif Covid-19 di Indonesia dalam seminggu terakhir menurun, namun pemerintah tetap ingin memastikan ketersediaan vitamin dan obat-obat, terutama tujuh jenis obat Covid-19 selalu ada dalam jumlah yang memadai.

Termasuk di apotek-apotek di bawah koordinasi Kimia Farma, perusahaan BUMN di bidang farmasi sehingga akan memudahkan masyarakat yang membutuhkan.

Erick Thohir menambahkan, pengecekan keberadaan obat juga bertujuan agar para direksi Kimia Farma, apoteker, dan petugas layanan publik di apotek tersebut tetap waspada akan obat-obat yang dibutuhkan masyarakat.

“Jangan sampai lengah. Di saat pandemi naik, obat tidak ada, dan ketika pandemi turun, obat juga tidak ada. Jangan sampai seperti itu. Dan hari ini, saya lihat kondisi bagus, pelayanan juga baik, dan ketelitian dalam memeriksa resep dokter juga bagus,” ujar Erick Thohir.

Di Farmaplus tersaji ketersediaan obat di semua apotek yang ada di seluruh Indonesia. Pada aplikasi dan situs tersebut juga menampilkan total 4.444 apotek Kimia Farma yang tersebar di tanah air dengan dilengkapi peta untuk mengetahui lokasi dan juga data 839.500 jenis obat, termasuk tujuh jenis obat Covid-19.

“Untuk obat lainnya yang diproduksi di dalam negeri, terutama oleh holding farmasi BUMN, kami akan tingkatkan kapasitas produksinya sehingga stoknya selalu terjaga. Dalam upaya memerangi pandemi Covid-19 ini, pemerintah akan terus memastikan untuk hadir, baik untuk mempercepat vaksinasi dan menyediakan obat-obatan yang diperlukan masyarakat dengan harga yang terjangkau,” pungkas Erick Thohir.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pemerintah Akan Luncurkan Dua Alat Terbaru Deteksi Dini Covid-19
apahabar.com

Nasional

Kabut Asap, Masyarakat Juga Diminta Waspada Rabies
PPKM

Nasional

Hari Ini PPKM Level IV Jawa-Bali Berakhir, Diperpanjang?

Nasional

Napak Tilas Hari Gizi Nasional: Dimulai dari Anemia
Erick Thohir

Nasional

Indikasi Suap, Erick Thohir: Garuda Kebalikan 12 Pesawat Bombardier CRJ
apahabar..com

Nasional

Penghuni Gang Sempit Kaget Ditagih Rp107 Juta Pajak Mobil Mewah
Kambing bermata satu

Nasional

Geger! Kambing Bermata Satu Lahir di Simalungun
apahabar.com

Nasional

Resmi, Kaltara Dapat Hibah 3 Kapal Pelra
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com