Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

China Coba Redam Konflik Laut China Selatan

- Apahabar.com     Sabtu, 11 September 2021 - 21:55 WITA

China Coba Redam Konflik Laut China Selatan

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Diplomat senior China, Wang Yi menyampaikan kepada Wakil Perdana Menteri Vietnam, Pham Binh Minh, untuk tidak memperbesar perselisihan kedua negara.

Pembahasan itu disampaikan Anggota Dewan Negara Wang Yi dalam kunjungannya ke Vietnam, seperti dilansir CNN Indonesia yang mengutip Reuters, Sabtu (11/9). China mengklaim memiliki kedaulatan historis pada sebagian besar jalur air di Laut China Selatan.

Klaim China atas wilayah itu dibantah negara tetangga dan Amerika Serikat. Amerika menilai, China tidak memiliki dasar dalam hukum internasional, termasuk Konvensi PBB tentang Hukum Laut 1982, yang ikut ditandatangani China. Sementara, Pengadilan Arbitrase PBB pada 2016 telah memutuskan klaim China atas Laut China Selatan tidak sah.

Dalam sidang Dewan Keamanan PBB bulan lalu, China mengklaim seluruh perairan Laut China Selatan sebagai wilayah kedaulatannya dengan alasan berdasarkan sejarah. Klaim China tumpeng tindih dengan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) dengan Vietnam dan negara lain.

Laut China Selatan merupakan perairan yang kaya akan sumber daya alam dan ikan. Nilai komoditas yang diangkut melalui perairan itu disebut bisa mencapai triliunan dolar. Untuk menjaga wilayah ini, Presiden Xi Jinping terus membangun fasilitas militer, pulau buatan, dan menempatkan kapal-kapal perangnya di wilayah perairan tersebut.

Di satu sisi, Vietnam mengklaim kawasan maritim di Laut China Selatan yang dikenal sebagai Laut Timur di Vietnam. Ketegangan kedua negara membuat Vietnam menjadi negara penentang paling vokal klaim Beijing atas wilayah itu.

Di lain sisi kedekatan Vietnam dengan AS dinilai sebagai upaya meningkatkan hubungan diplomatik sekaligus menjadi langkah yang membuat Beijing geram.

Walau begitu, Wang mengatakan kedua negara harus menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan yang telah dicapai dengan susah payah. Wang juga mengimbau agar kedua negara waspada terhadap intervensi pasukan ekstrateritorial yang bisa memperkeruh situasi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Power Bank Meledak di Penerbangan Royal Brunei
apahabar.com

Global

India Buru Macan Tutul Pembunuh Biksu
apahabar.com

Global

Terancam Disapu Badai Dahsyat, Ribuan Turis di Thailand Dievakuasi
apahabar.com

Global

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika
apahabar.com

Global

Akibat Penggundulan Hutan Makin Marak, Tujuan Kesepakatan Paris Terancam Gagal

Global

Dokter Faheem: Tak Perlu Tes Covid-19 Usai Isoman 10 Hari, Virus Tak Menular!
apahabar.com

Global

Penuh Batu Permata, Bumi Super Baru Ditemukan Ilmuwan Eropa
apahabar.com

Global

Tsunami Selat Sunda, Australia: Pukulan Berat Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com