Perampokan Bos Emas Banjar-Batulicin: Korban Disekap, Dibacok, Diseret Bak Binatang Obok-Obok Rutan Barabai: Petugas Dites Urine, Temukan Silet hingga Batu Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu

Dear Kemenkominfo, Kalteng Masih Punya Ratusan Titik Tanpa Sinyal

- Apahabar.com     Rabu, 29 September 2021 - 18:52 WITA

Dear Kemenkominfo, Kalteng Masih Punya Ratusan Titik Tanpa Sinyal

Ilustrasi tower pemancar sinyal. Foto-net

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Luas wilayah Kalteng melebih pulau Jawa, membuat ratusan titik di sana masih tanpa sinyal atau blankspot.

Akibatnya tidak semua masyarakat Kalteng memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati kemajuan teknologi sekarang ini.

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mengungkapkan terdapat 463 titik tanpa sinyal di wilayah Kalteng. Disamping itu 359 desa dan kelurahan belum tersedia jaringan 4G.

Menurut dia, tantangan Kalteng memang relatif besar karena luas wilayahnya 1,2 dari pulau Jawa dan sebaran penduduk tidak terpusat pada satu wilayah pengembangan.

“Menghadirkan infrastruktur dan akses internet di seluruh wilayah Kalteng, memang perlu dikerjakan secara bersama. Mengingat fase membuka keterisolasian daerah. Harus diakui ada perubahan tantangan di masa sekarang ini, yakni membuka keterisolasian digital lewat akses internet,” kata dia dalam diskusi virtual, seperti dilansir Antara, Rabu (29/9).

Dalam dialog dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kalteng, Teras mendapat banyak informasi, khususnya situasi, perkembangan dan tantangan yang dihadapi Dinas tersebut.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah terkait kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalteng, yang mesti menangkap peluang di era digital ini dengan baik.

Kemudian terkait dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur pendukung akses internet. Perlu perhatian bersama dari Pemerintah Provinsi terkait kebutuhan SDM unggul di bidang digitalisasi tersebut, mengingat adanya tuntutan dalam revolusi industri 4.0 yang sudah di depan mata.

Selain itu pemerintah pusat juga mendorong tumbuhnya digital talent yang diharapkan mewarnai perekonomian digital yang akan terus berkembang di Tanah Air.

“Semoga kita dapat memanfaatkan perkembangan digital dengan baik. Bekerja sama mendorong lahirnya digital talent dari Kalteng untuk menghadirkan inovasi berbasis teknologi di berbagai lini kehidupan. Demi terciptanya pemerataan pemanfaatan era teknologi informasi, serta terwujudnya kecerdasan kehidupan dan keadilan sosial bagi rakyat di Kalteng,” kata Teras.

Senator asal Kalimantan Tengah itu mengaku bahwa pihaknya di DPD RI baru-baru ini telah berbincang-bincang dengan Kemenkominfo.

Dalam bincang-bincang itu, Kemenkominfo menyampaikan perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), pengguna internet di Indonesia pada 2021 mencapai 202,6 juta orang dengan nilai ekonomi digital sebesar Rp 632 triliun.

Dia mengatakan Presiden Joko Widodo dalam arahannya terkait transformasi digital nasional, mendorong percepatan perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital, dan penyediaan layanan internet, mempersiapkan peta jalan transformasi digital di sektor strategis, mempercepat integrasi pusat data nasional. Kelima, menyiapkan talenta digital dan terakhir menyiapkan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital.

“Tentu dalam kondisi pandemi saat ini, ada tantangan terkait realokasi dan refocusing anggaran, sehingga kita perlu mencermati secara tepat arahan ini,” kata Teras.

Ia menegaskan, permasalahan Kalteng itu akan dilaporkan ke Pemerintah Pusat, khususnya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Tambah 43, Pasien Covid-19 Sembuh di Kapuas Kini 4.149 Orang
apahabar.com

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: Bertambah 7 Kasus Baru, 5 Orang dari Kecamatan Selat
apahabar.com

Kalteng

Lima Kali WTP Berturut-Turut, Barito Utara Dapat Penghargaan Kementerian Keuangan RI
apahabar.com

Kalteng

Pimpinan Baznas Kalteng Dilantik, Inilah Pesan Gubernur Kalteng
Guru Kontrak

Kalteng

Ribuan Guru Kontrak di Kapuas Ikuti Uji Kompetensi dan Survei Kinerja
apahabar.com

Kalteng

Jalan Lemo-Batapah Jadi Pilihan Warga Barut Jika ke Palangka Raya
covid-19 palangka raya

Kalteng

Kabar Baik, 55 Pasien Covid-19 Palangka Raya Dinyatakan Sembuh

Kalteng

Ungkap Peredaran Narkoba Secara Maraton, Polda Kalteng Sita Ratusan Gram Sabu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com