Duel Maut, Kakek Aniaya Tetangga hingga Tewas di Banjarmasin Terancam Hukuman Berat Ke Kalsel, Jokowi Tak Hanya Resmikan Jembatan Sei Alalak Prokes Dilonggarkan, Arab Saudi Hapus Aturan Jaga Jarak di Masjidil Haram Geger! Warga Hilir Kotabaru Temukan Mayat Bayi dalam Kardus Setelah Kakak, Sang Adik yang Hilang di Hampang Kotabaru Ditemukan Meninggal

Dear Muralis Banua! Banjar Mural Festival 2021 Segera Digelar

- Apahabar.com     Jumat, 17 September 2021 - 16:20 WITA

Dear Muralis Banua! Banjar Mural Festival 2021 Segera Digelar

Banjar Mural Festival 2021 bakal segera digelar. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Banjar Mural Festival 2021 bakal segera digelar. Kegiatan ini diinisiasi Komunitas Semangat Muda.

Kegiatan yang dijadwalkan dilaksanakan 12 – 17 Oktober 2021 ini rencananya dilaksanakan di dua kota di Kalimantan Selatan. Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Festival ini menjadi titik awal menjadikan Banjarmasin dan Banjarbaru yang apresiatif dan secara sadar memberi ruang bersuara kepada masyarakatnya diwakili oleh para seniman muralis,” ujar Direktur Komunitas Semat Muda, Novyandi Saputra.

Festival ini bersifat kurasi. Karya-karya yang didaftarkan oleh seniman muralis akan dipilih oleh Hajriansyah selaku kurator festival.

Peserta festival terbatas hanya sebanyak 20 peserta baik individu atau kelompok. Peserta yang lolos proses kurasi akan merealisasikan karyanya dalam festival ini.

“Banjar Mural Festival yang dilaksanakan di dua kota ini akan dilaksanakan di Jalan RE. Martadinata (dinding Pelindo) untuk kota Banjarmasin dan di jalan Nadjmi Adhani (dinding PLN) untuk kota Banjarbaru,” jelas Novi.

Selain mural performance, di acara yang digelar selama lima hari tersebut, Komunitas Semat Muda juga melaksanakan webinar dan talk show.

“Festival juga akan menghadirkan kedai kopi sebagai titik lokasi kegiatan,” timpal Founder Semangat Muda Putra Qomaluddin Atta Nurriqli.

Selain karena kopi yang belakangan ini menjadi sebuah kebiasaan baru masyarakat, kehadiran coffee shop atau kedai kopi ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan UMKM yang terlibat dalam festival ini.

Qomaluddin juga menyatakan jika panitia penyelenggara festival membuka bentuk kerja sama bagi sponsor atau pihak yang ingin mendukung penyelenggaraan kegiatan ini. Untuk sementara Gudang Garam telah menjadi salah satu sponsorship dalam festival ini.

Mural, atau yang secara umum disebut street art, adalah ekspresi seni publik. Dengannya dinding (yang dalam bahasa latin disebut mural) yang menjadi pemisah antarmanusia dan kepentingannya, menjadi “suara” yang dapat memantrai kepentingan bersama.

Seni ini, selain menjadi media refleksi dan aspirasi publik, juga menawarkan keindahan penuh garis dan warna. Banjar Mural Festival 2021 memanggil para seniman muralis untuk berkontribusi terhadap keindahan dan suara warga kota.

Masyarakat urban yang memiliki karakter berjiwa seni tinggi haruslah membuat ruang untuk memvisualisasikan pola pikir masyarakatnya melalui karya seni melalui visual yang hadir secara langsung di tengah masyarakat sebagai karakter dari sebuah kota.

“Festival mural ini bertujuan untuk menangkap reaksi dalam memaknai sebuah karya visual yang memiliki pesan langsung terhadap masyarakatnya disamping menjadikan ajang kampanye positif tentang hidup bergotong – royong, menjaga daya kritis dan memaknai arti persoalan sosial hari ini,” kata Novi.

Kampanye-kampanye yang lebih segar dan organik yang muncul dari semangat seniman dan komunitas atau kelompok muralis yang terlibat bisa diwakilkan oleh gambar-gambar yang menghiasi sudut-sudut kota.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

‘Si Jago Merah’ Hanguskan Dua Rumah Warga Sungai Andai
Kecelakaan

Kalsel

Tabrak Truk Mogok di Simpang Empat Tanbu, Pengendara Scoopy Tewas Seketika
Tarif Travel

Kalsel

Tak Hanya Tanbu, Tarif Travel Jurusan Kotabaru-Banjarmasin Juga Naik
apahabar.com

Kalsel

Peringati HAN, Turun Tangan Banjarmasin Hibur Anak-Anak Penyintas Kanker
apahabar.com

Kalsel

Sampai Juli, BMKG Perkirakan Kalimantan Selatan Aman dari Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Polsek Banjarbaru Kota Ajak Warga Berpastispasi Tangani Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Selama PSBB di Banjarmasin, ‘Pasar Wadai Online’ Dibuka
apahabar.com

Kalsel

Pulkam, 2 Mahasiswa UMM Praktekkan Ilmu ke Warga Desa HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com