Kapten TNI Tewas Ditembak OTK di Aceh Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Satu Sekarat Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Pria Tewas Bersimbah Darah Jalan Tambang Sisakan Lumpur di Tapin, Warga Ngadu ke DPRD Kalsel Penyerangan Brutal Jurkani di Tanbu, Komnas HAM hingga LSPSK Turun Tangan

Dewan Perjuangkan Listrik untuk Warga Perbatasan Kotabaru

- Apahabar.com     Senin, 27 September 2021 - 19:46 WITA

Dewan Perjuangkan Listrik untuk Warga Perbatasan Kotabaru

Roby, anggota DPRD Kotabaru. Foto-apahabar.com/Masduki

apahabar.com, KOTABARU – Anggota DPRD Kotabaru, Rabiansyah, memperjuangkan masyarakat di daerah perbatasan Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan Tanah Grogot, Kalimantan Timur, untuk mendapatkan layanan listrik desa.

“Jadi, sampai saat ini memang masih ada desa-desa yang masuk wilayah Kotabaru di daerah utara belum mendapatkan layanan penerangan listrik dari PLN,” ujar Roby, Minggu (26/09).

Roby menambahkan, sebagai wakil rakyat dirinya berkewajiban memperjuangkan masyarakat yang hingga kini masih menggunakan tenaga diesel untuk penerangan di wilayahnya.

“Apalagi masyarakat tersebut berada di daerah pemilihan saya, yakni di Tanjung Semalantakan,” katanya.

Dengan kerja keras dan koordinasi antara Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan sejumlah instansi terkait lainnya, lanjut Roby, keinginan warga untuk mendapatkan listrik desa langsung dari PLN bisa segera terwujud.

Dia mengakui, banyak kendala yang dihadapi dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Di antaranya, minimnya sarana memadai, terutama infrastruktur jalan antardesa yang masih dalam kondisi rusak berat.

Hal itu menjadi kendala dalam pendistribusian material jaringan listrik, seperti tiang beton atau besi, kabel dan barang-barang yang lainnya.

“Namun bersyukur setelah koordinasi dengan pihak perusahaan perkebunan yang ada di daerah tersebut, semuanya bisa diatasi,” paparnya.

Diharapkannya, listrik desa (lisdes) tersebut segera terwujud, karena dampak positifnya cukup luas.

Sementara itu, pada 2019 lalu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyerahkan bantuan lampu penerangan berupa 417 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya kepada masyarakat di Pulau Laut Timur, yang belum mendapatkan aliran listrik dari PLN.

Mereka yang mendapatkan PLTS tersebar di empat desa di Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Betung 109 unit, Desa Karang Sari Indah 80 unit, Desa Batu Tunau 152 unit, dan Desa Tanjung Pengharapan sebanyak 76 unit.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

pangan lokal

DPRD Kotabaru

Komisi II Dukung Penuh Wacana Pengembangan Pangan Lokal di Kotabaru
Fraksi Gerindra

DPRD Kotabaru

Anggota Fraksi Gerindra Tutup Usia, Syairi: Seluruh Dewan Kotabaru Berduka Cita
Covid-19

DPRD Kotabaru

Divaksin Covid-19 Tahap Dua, Simak Pesan Wakil Rakyat untuk Warga Kotabaru

DPRD Kotabaru

DPRD Kotabaru Paripurnakan Raperda RPJMD 2021-2026
Dewan Kotabaru

DPRD Kotabaru

Srikandi Dewan Kotabaru Kecam Ayah Gauli Anak
Desa Mangka

DPRD Kotabaru

Reses di Desa Mangka Kotabaru, Roby Diminta Fasilitasi Sertifikat Gratis
DPRD

DPRD Kotabaru

Ketua DPRD Kotabaru Terenyuh Lihat Kondisi Korban Banjir HST
Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis mengajak seluruh warga Bumi Sa ijaan dan banua mendukung Ratna di LIDA Indonesia 2021. Foto-Istimewa

DPRD Kotabaru

Ketua DPRD Kotabaru Ajak Warga Dukung Ratna Jadi Bintang di LIDA Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com