Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

Diduga Ilegal, 2.380 Hektar Kebun Sawit PT LSI di Tanbu Bumbu Disegel Polda Kalsel

- Apahabar.com     Selasa, 7 September 2021 - 16:31 WITA

Diduga Ilegal, 2.380 Hektar Kebun Sawit PT LSI di Tanbu Bumbu Disegel Polda Kalsel

Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Kalsel AKBP Tri Hambodo memberi keterangan usai melakukan penyegelan PT LSI di Tanah Bumbu. Foto-Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Ditreskrimsus Polda Kalsel menyegel PT Ladang Rumput Subur Abadi (LSI) di Desa Bayan Sari, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (7/9) sore.

Penyegelan dilakukan aparat kepolisian lantaran diduga perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit tersebut telah beroperasi secara ilegal.

Penindakan dilakukan Polda Kalsel dibantu Polres Tanah Bumbu, serta Polsek Angsana. Dipimpin langsung Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Kalsel, AKBP Tri Hambodo.

“Hari ini kita melakukan serangkaian penyidikan berupa upaya penyitaan paksa dan penggeledahan terhadap objek yang dipersangkakan,” ujar Direktur Reskrimsus Polda Kalsel Kombes Pol Suhasto melalui AKBP Tri Hambodo usai penindakan.

Dari pantauan di lapangan, pemasangan garis polisi serta spanduk pengumuman penyegelan di pasang pagar perkantoran serta pabrik pengolahan minyak, termasuk kebun sawit milik PT LSI.

AKBP Tri Hambodo menjelaskan, penindakan yang dilakukan itu berdasar pada Surat Penetapan Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II A Nomor: 339/Pen.Pid/2021/PN Bln tertanggal 6 September 2021.

PT LSI diduga telah melanggar pasal 78 ayat (2) jo pasal 50 ayat (3) huruf a undang-undang RI Nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan sebagaimana telah diubah dalam pasal 36 angka 19 pasal 78 ayat (2) jo pasal 36 angka 17 pasal 50 ayat (2) huruf a undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.

“Pelanggaran yang dilakukan karena menduduki kawasan hutan tanpa izin. Kita sudah melakukan overlay dan di situ didapat bahwa PT LSI berada di kawasan hutan,” bebernya.

Selain disegel, aparat kepolisian juga menyita perkebunan sawit milik PT LSI seluas 2.380 hektar. Termasuk aset lainnya seperti kantor, pabrik pengolahan minyak, armada angkutan, hingga alat berat.

“Objek yang disita di antaranya kantor di kawasan hutan, perkebunan sawit seluas yang jumlahnya kurang lebih 2.380 hektar,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan AKBP Tri Ambodo, sejak saat ini proses penyidikan mulai berjalan di Ditreskrimsus Polda Kalsel. “Untuk tersangka belum ada,” pungkasnya.

Adapun pihak manajemen yang turut berhadir saat proses penyegelan dan penyitaan enggan memberikan komentar saat dimintai keterangan terkait perkara ini.

Sementara itu, Nuri yang menjabat sebagai kasir di perusahaan tersebut mengaku kaget dengan adanya persoalan tersebut. Pasalnya, dia mengaku tak diberitahu sebelumnya oleh perusahaan.

“Tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Kaget sekaligus sedih juga. Ke depan belum ada rencana,” imbuhnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, PT LSI sudah beroperasi sejak 1995. Dimana perusahaan ini memiliki total karyawan sekitar 500 orang yang terdiri dari karyawan pabrik dan perkebunan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dua Calon Jemaah Haji Kota Banjarmasin Gagal Berangkat
apahabar.com

Kalsel

Komunitas Pejuang Subuh dan FKH Banjarmasin Bersama Bersihkan Masjid
jembatan anti banjir

Kalsel

Mengintip Prototipe Jembatan Anti Banjir di Banjarmasin
Gubernur Kalsel

Kalsel

Setelah Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Siap Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Pertama
apahabar.com

Kalsel

Predator Anak Kandung di Banjarbaru Terancam Hukuman Berlapis!
apahabar.com

Kalsel

Pantau Pencoblosan, Mobil Komisioner Bawaslu Kotabaru Tabrakan dengan Pikap
Depresi

Batola

Diduga Depresi, Seorang Wanita Nyaris Terjun Dari Jembatan Rumpiang Batola
apahabar.com

Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Satpol PP Banjarmasin pun Buka Posko
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com