Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Digugat Viani Limardi Rp1 Triliun, Begini Respons PSI

- Apahabar.com     Kamis, 30 September 2021 - 15:13 WITA

Digugat Viani Limardi Rp1 Triliun, Begini Respons PSI

Eks Politikus PSI, Viani Limardi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Viani Limardi berencana menggugat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebesar Rp1 triliun atas tudingan menggelembungkan dana reses yang berbuntut pemecatan. Rencana itu pun ditanggapi PSI.

Ketua DPP PSI, Isyana Bagoes Oka mengatakan penjatuhan sanksi terhadap Viani merupakan proses panjang dan telah dilakukan sesuai dengan prosedur internal partai. Ia menyebut, proses tersebut juga melibatkan tim pencari fakta yang bekerja siang-malam menggali informasi dari puluhan saksi.

“Keputusan pemberhentian tersebut didasarkan kepada objektivitas, bukan subjektivitas like or dislike secara personal. Ini bagian dari hasil evaluasi PSI kepada seluruh anggota DPRD-nya sesuai dengan mekanisme internal partai,” kata Isyana seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (30/9).

Isyana mengatakan, pemberhentian dilakukan karena terpaksa, diambil demi menjaga profesionalisme partai.

Ia menuturkan, sebagai partai politik yang merupakan salah satu pilar demokrasi, PSI harus menjaga kader agar setia hadir dan bekerja untuk rakyat, serta menjaga anggota legislatifnya agar selalu menjadi wakil rakyat yang jujur, rendah hati, dan melayani.

“Jika benar Sis Viani akan menggugat PSI sebesar 1 triliun rupiah seperti yang diberitakan banyak media, maka sikap itu adalah hak Sis Viani sebagai warga negara. Bagi PSI, mekanisme dan prosedur internal partai telah dilaksanakan dengan tertib dan objektif, termasuk meminta keterangan Sis Viani,” kata Isyana.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Viani Limardi sebelumnya mengatakan akan menuntut partainya atas tudingan menggelembungkan dana reses yang berbuntut pemecatan dirinya sebagai anggota partai.

Viani berkata, selama ini dirinya tak pernah diberi kesempatan untuk memberi klarifikasi atas tudingan tersebut. Termasuk saat ia diminta minta maaf usai ribut dengan petugas ganjil genap pada Agustus lalu. Ia bilang kini tak akan tinggal diam dan akan menuntut partainya sebesar Rp1 triliun atas tudingan menggelembungkan dana reses.

“Kali ini saya tidak akan tinggal diam dan saya akan melawan dan menggugat PSI sebesar satu triliun,” kata Viani dalam keterangannya, Selasa (28/9).

Dugaan penggelembungan dana reses oleh Viani itu disebut dalam surat pergantian antar waktu (PAW) usai dirinya dipecat dari PSI. Dalam surat itu, ia disebut telah menggelembungkan dana reses secara rutin khususnya pada Maret 2021.

Dalam pernyataannya secara daring, Viani membantah penggelembungan dana reses senilai Rp302 juta untuk 16 titik dalam agenda dengan konstituen atau masyarakat. Bahkan, katanya, ia telah mengembalikan sisa uang tersebut senilai Rp70 juta ke DPRD.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Mardani H Maming

Politik

Warga Kuranji: Sejak Pak Mardani Mundur Ruas Jalan di Tanbu Banyak yang Rusak
apahabar.com

Politik

Berkas Diterima KPU, Paslon Ibnu Sina-Ariffin Optimis Menangi Pilwali Banjarmasin 2020
Kalsel

Politik

Reputasi Dipertaruhkan, DPR RI Warning KPU Kalsel Soal Pemungutan Ulang
apahabar.com

Politik

Kejutan! Gerindra Usung Putra Eks Gubernur Kalsel di Pilwali Banjarbaru
apahabar.com

Politik

AnandaMu Beberkan Program Turunan Gendong Ulun, Cek Manfaatnya untuk UMKM!
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020: 4 Paslon Kompak Deklarasi Kampanye Damai dan Sehat
apahabar.com

Politik

Gelar Deklarasi, Cuncung – Alpiya Resmi Maju di Pilkada Tanah Bumbu!
apahabar.com

Politik

Sah, Megawati Restui Zairullah Azhar di Pilkada Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com