Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Diklaim Melandai, Kini Sisa 11 Wilayah Jawa-Bali PPKM Level 4

- Apahabar.com     Senin, 6 September 2021 - 22:29 WITA

Diklaim Melandai, Kini Sisa 11 Wilayah Jawa-Bali PPKM Level 4

Ilustrasi PPKM Level IV. Foto-Ist

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah menyebut saat ini hanya ada 11 kabupaten/kota yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Hal itu terjadi karena jumlah penularan Covid-19 diklaim mengalami penurunan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut situasi pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali mengalami perbaikan. Menurutnya, hal itu tercermin dari penurunan jumlah daerah level 4.

“Kota/kabupaten yang berada di level 4, di mana per tanggal 5 September 2021, hanya 11 kota/kabupaten di Jawa-Bali yang ada di level 4 dari sebelumnya yang berjumlah 25 kota/kabupaten,” kata Luhut dalam jumpa pers daring di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (6/9).

Luhut berkata banyak daerah yang beralih status menjadi level 2. Pada 31 Agustus, daerah PPKM Level 2 berjumlah27 kabupaten/kota. Saat ini, ada 43 kabupaten/kota yang berstatus level 2.

Dia juga mengatakan penurunan status PPKM juga terjadi di tingkat provinsi. Saat ini hanya Provinsi Bali yang berstatus level 4 di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

“Bali kami perkirakan butuh waktu satu minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di RS yang masih tinggi,” ucap Luhut.

Dia berharap masyarakat tidak menyambut perbaikan kondisi ini dengan euforia. Luhut mewanti-wanti penularan Covid-19 bisa meningkat seketika jika seluruh pihak abai dengan protokol kesehatan.

“Bapak Presiden dalam rapat kabinet terbatas tadi siang menekankan bahwa Covid19 ini tidak akan hilang dalam waktu yang singkat, dan kita perlu menyiapkan diri untuk hidup bersama Covid-19,” tuturnya.

PPKM di Jawa dan Bali berakhir pada hari ini. Pemerintah memperpanjang penerapan kebijakan ini hingga 13 September. Di saat yang sama, PPKM diterapkan kembali di provinsi lainnya hingga 20 September.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kodam Pattimura Siap Kirim Pasukan ke Papua

Nasional

Wartawan Senior Gugat Indosat Ooredoo dan Commonwealth Bank Rp 100 Miliar
lapas Kelas I Tangerang

Nasional

Usai Kebakaran yang Memakan Korban, Kalapas Kelas I Tangerang Dinonaktifkan
apahabar.com

Nasional

Peneliti Intelejen : Mayoritas Peserta Reuni 212 Pendukung Prabowo Sandi
apahabar.com

Nasional

Mendikbud: UN Tidak Dihapus, Tapi Diganti Asesmen Kompetensi

Nasional

Sah, ‘Urang’ Banua Ditunjuk Jadi Jubir Presiden Jokowi
Penghinaan Simbol Agama

Nasional

Tanggapi Ceramah Berisi Penghinaan Simbol Agama, Menag: Pidana
apahabar.com

Nasional

Demam Corona, Pemerintah Disarankan Cabut Bebas Visa China
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com