Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Banjarmasin Bebas PPKM Level IV, Tracing Covid-19 Kok Turun? Perampokan Bos Emas Banjar-Batulicin: Korban Disekap, Dibacok, Diseret Bak Binatang Obok-Obok Rutan Barabai: Petugas Dites Urine, Temukan Silet hingga Batu Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan

Dinas PMD Kapuas Dorong BUMDes Gali Potensi Desa

- Apahabar.com     Jumat, 24 September 2021 - 22:11 WITA

Dinas PMD Kapuas Dorong BUMDes Gali Potensi Desa

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Yanmarto bersama peserta pelatihan keterampilan manajemen BUMDes. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Kalteng, terus mendorong badan usaha milik desa (BUMDes) untuk mampu menggali dan mengolah potensi sumber daya lokal di desanya masing-masing.

“Apalagi Kabupaten Kapuas adalah daerah yang ditunjuk sebagai kawasan pengembangan food estate. Kami juga terus mendorong pembentukan BUMDes melalui peningkatan kerja sama antar desa yang berada dalam lingkup food estate,” kata Kepala Dinas PMD Kapuas Yanmarto di Kuala Kapuas, Jumat (24/9).

Yanmarto bilang BUMDes sangat strategis perannya untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas BUMDes yang ada, terutama dari segi permodalan dan untuk pengembangan potensi desa yang memiliki potensi yang sama dan berada pada kawasan perdesaan food estate.

Nah, terkait manajemen BUMDes, Yanmarto menuturkan pemerintah daerah juga mendorong adanya standarisasi dalam praktek pengelolaan keuangan dan pelaporannya.

“Pemerintah Kabupaten Kapuas saat ini mulai mensosialisasikan perlunya penerapan aplikasi pelaporan BUMDes untuk semua BUMDes yang ada,” ujarnya.

Selain itu dalam rangka kepastian hukum, pemerintah juga mendorong agar semua BUMDes segera berbadan hukum.

“DPMD telah berkoordinasi dengan Kementerian Desa dan PDTT untuk mendorong percepatan pendaftaran badan hukum BUMDes secara online,” terang Yanmarto.

Mantan Camat Mantangai itu menambahkan, DPMD Kapuas baru saja mengadakan pelatihan keterampilan manajemen BUMDes/BUMDesMa dan tips membuat bisnis BUMDes/BUMDesMa agar lebih cepat bertumbuh dan sukses.

“Peserta yang diundang sebanyak 66 orang yang terdiri dari para kepala desa dan para direktur BUMDes yang ada di Kapuas. Untuk narasumber dari Dinas PMD dan Koordinator Tenaga Ahli P3MD Provinsi Kalimantan Tengah,” pungkas Yanmarto.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Wiyatno Direkomendasikan Jabat Ketua DPRD Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Selain Ikan, Ternyata Buaya juga Ikut Terlilit Jaring di Sungai Mentaya
HUT ke-48 KNPI

Kalteng

Peringati HUT ke-48, KNPI Kapuas Bagikan Masker kepada Masyarakat

Kalteng

Nafiah Ibnor Serahkan Upah Tukang Program BSPS di Selat Utara Kapuas
Blank Spot

Kalteng

Puluhan Desa di Kapuas Blank Spot, Akses YouTube Lancar Masih Jadi Mimpi
Pembaruan DTKS

Kalteng

Cegah Kehilangan Bantuan, Kades di Kapuas Diminta Bantu Pembaruan DTKS
apahabar.com

Kalteng

Pokdakan Satu Sekata di Kapuas Dibantu Puluhan Ribu Benih Ikan Patin

Kalteng

Tak Terima Dipukul Tanpa Alasan, Yusup Membacok Lawannya dengan Membabi Buta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com