Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Dispersip Tanbu Lakukan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19

- Apahabar.com     Sabtu, 25 September 2021 - 15:48 WITA

Dispersip Tanbu Lakukan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19

Kegiatan penyelamatan arsip penanganan Covid-19 di Tanbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) melakukan kegiatan penyelamatan arsip penanganan Covid-19.

Kegitan penyelamatan arsip ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Bupati Tanah Bumbu Nomor : B/045.2/871/Dispersip-K.1.Bup/VII/2020 tentang Penyelamatan Arsip Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dalam Mendukung Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam surat edaran tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ditugaskan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaporan daftar arsip dan penyelamatan arsip penanganan Covid-19.

Hasil monitoring dan evaluasi tersebut kemudian dilaporkan kepada Bupati Tanah Bumbu setiap enam bulan sampai dengan setelah pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan berakhir oleh pemerintah.

“Arsip penanganan pandemi Covid-19 ini selain merupakan bukti akuntabilitas kinerja juga merupakan sebuah sejarah, yang mana nantinya generasi mendatang dapat belajar banyak dari arsip-arsip penanganan pandemi ini,” ujar Plt Kepala Dispersip Tanah Bumbu, melalui Kepala Bidang Kearsipan, Hj Noryana.

Penyelamatan arsip bermula dari pengelolaan terlebih dahulu. Pengelolaan yang dimaksud sebagai bukti akuntabilitas pertanggung jawaban kegiatan dan penyelamatan adalah kaitannya dengan menyelamatkan memori kolektif bangsa.

Selain secara bersurat, tim dari Dispersip juga turun langsung ke SKPD terkait langsung dengan penanganan Covid-19, di antaranya dinas kesehatan, BPBD, dinas sosial, kecamatan, kelurahan, dan SKPD lainnya.

Adapun arsip yang diselamatkan meliputi arsip kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam perkembangan penanganan pandemi dan seluruh arsip tentang Covid-19.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kembang api

Kalsel

Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru di Tanbu, Siap-Siap Disanksi
Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Eka Saprudin. Foto-apahabar.com./Syahriadi.

Tanah Bumbu

Disdukpencapil Tanbu Siapkan Akses Pelayanan Online ke Tingkat Desa
apahabar.com

Tanah Bumbu

PTPN Batulicin Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga
Kodim 1022/Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Kodim 1022/Tanah Bumbu Gelar Acara Kenaikan Pangkat Personel
apahabar.com

Tanah Bumbu

Tingkatkan Kedisiplinan ASN, Pemkab Tanbu Terapkan Sistem Informasi E-Kinerja Terintegrasi
Tanbu

Tanah Bumbu

Tepat Malam Jumat, Warga Tanbu Diimbau Isi Awal Tahun dengan Doa di Rumah
BPBD Tanbu

Tanah Bumbu

BPBD Tanbu Imbau Masyarakat Pesisir Waspada Terhadap Pasang Air Laut
Covid-19

Tanah Bumbu

Kabar Duka, Pasien Covid-19 Asal Tanbu Tutup Usia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com