Paman Birin Doktor Kehormatan, Mahasiswa Bergerak ‘Kuningkan’ ULM Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

Gairah Perempuan HST Terjun ke Dunia Politik Terus Dibangkitkan

- Apahabar.com     Jumat, 24 September 2021 - 18:06 WITA

Gairah Perempuan HST Terjun ke Dunia Politik Terus Dibangkitkan

Tiga narasumber sosialisasi peningkatan keterwakilan perempuan dalam legislatif, (kiri ke kanan) Hj Khairunnisa, Cheri Bayuni Budjang dan Riski Niraz Anggraini. Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Gairah perempuan di Hulu Sungai Tengah untuk terjun ke dunia politik akan terus dibangkitkan.

Pasalnya, keterwakilan kaum hawa masih di bawah persentase seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008.
Sekurang-kurangnya 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan partai politik dan parlemen.

“Secara pribadi 30 persen itu masih minim. Harus ditingkatkan. Malah sebenarnya standarnya tidak perlu lagi ada persentasi. Semua (perempuan-red) memiliki dasar unruk terlibat menyuarakn aspirasinya,” kata Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Riski Niraz Anggraini usai agenda Sosialisasi Undang-Undang dan Peraturan Kementerian PPPA soal Peningkatan Keterwakilan Perempuan dalam Legislatif di Pendopo Bupati HST, Jumat (24/9).

Karena itu Anggraini menyebut sosilasi Undang-Undang tentang keterlibatan perempuan itu adalah awal yang baik. Tujuannya meningkatkan partisipasi perempuan dalam hal politik.

Ambil contoh dalam hal mengambil kebijakan di daerah. Para ASN perempuan yang memiliki bayi misalnya, para ibu terkendala waktu sehingga mengganggu keefektifan dan keefisienan bekerja.

Dengan representasi perempuan di parlemen, bisa saja mengambil kebijakan dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan. Misalnya ruangan khusus maupun waktu untuk bekerja dan lainnya.

Dalam hal ini tidak hanya perempuan yang diuntungkan, tetapi juga sang ayah dan membangkitkan kepercayaan anak nantinya.

Contoh itu diambil seperti halnya pengalaman narasumber yang mengisi sosialisai ini, Hj Khairunnisa. Istri dari H Saiful Rasyid Bupati HST Priode 2000-2010 ini pernah duduk di DPRD HST.

“Beliau memang memprioritaskan keluarga. Tapi prioritas keluarga itu memicu beliau untuk menjadi wakil rakyat,” terang Rizki Anggraini.

Dia berharap efek jangka panjang (outcome) sosialisai itu bisa menguntungkan perempuan.

“Undang-undang ini perlu pergerakan agar para perempuan berani bersuara dan menerima tantangan. Bagaimana pun juga suatu negara memerlukan prespektif seorang ibu. Baik kebutuhan sosial maupun ekonomi. Semua tidak bisa lepas dari perempuan,” tutup Rizki Anggraini.

Gayung bersambut, Khairunnisa menyebut agar sosialisai undang-undang itu tidak hentinya digaungkan. Tujuannya agar para perempuan termotivasi dan mengambil peran dalam dunia politik

“Usaha-usaha ini perlu dukungan agar sampai ke pelosok-pelosok HST,” pinta Khairunnisa.

Ketua TP-PKK HST, Cheri Bayuni Budjang pun akan memberdayakan timnya di HST. Terutama dalam mengakomodir semangat para perempuan.

“Perempuan ini aset besar dalam sebuah keluarga. Sudah menjadi komitmen kita (TP-PKK) untuk memberdayakan perempuan. Tentunya ini mendukung visi misi bupati HST, maju unggul dan dinamis (Muda),” kata Cheri.

Tim PKK pun akan menyasar pelosok-plosok HST untuk membangkitkan semangat perempuan. Apalagi di bidang politik sehingga ke depannya bisa mengambil posisi strategis dalam pemerintahan HST.

“Ini menjadi starter kita yabg baum. Ke depannya kita bisa mengundang narasumber-narasumber yang berkompeten untuk membangkitkan semangat kawan-kawan,” tutup Cheri.

Dalam sosialisasi peningkatan keterwakilan perempuan dalam legislatif ini juga dihadiri, anggota DPR RI, H Saiful Rasyid, Kepala Bidang PPPA Dinsos HST, Farida Apriyana serta undangan sosialisasi lainnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HSS

Besok Mulai SKD CPNS dan PPPK Non Guru di HSS, Simak Ketentuannya
apahabar.com

Kalsel

Syamsudin Noor Segera Diresmikan, Kemenkumham Ikut Bersiap
Tabalong

Kalsel

Sepi Job, Pekerja Seni di Tabalong Banting Setir
apahabar.com

Kalsel

Viral Penjemputan Pasien di Tanjung Rema, Cek Faktanya
apahabar.com

Kalsel

Mengintip Kluster Sungai Bilu Banjarmasin, Lurah Pun Karantina Mandiri
Demo

Kalsel

Ribuan Karyawan PT SIS ADMO di Tabalong Bersiap Gelar Unjuk Rasa Damai
apahabar.com

Kalsel

Pemilu di Kalsel Sukses, Namun Melelahkan
apahabar.com

Kalsel

Niha, Juara Tartil Se-Kalsel asal Kotabaru Hafal Quran Sejak Kecil
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com