Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Gunung Merapi Meluncurkan 19 Kali Guguran Lava Pijar

- Apahabar.com     Senin, 6 September 2021 - 12:58 WITA

Gunung Merapi Meluncurkan 19 Kali Guguran Lava Pijar

Pemandangan Gunung Merapi yang sedang meluncurkan lava pijar terlihat dari Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (15/8/2021). Foto-Antara

apahabar.com, YOGYAKARTA – Gunung Merapi pada Senin (6/9), dalam rentang waktu pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, meluncurkan guguran lava pijar 19 kali dengan jarak luncur maksimum 1.000 sampai 1.500 meter ke arah barat daya.

Melansir Antara, menurut Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, selama kurun itu Merapi juga mengalami 38 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-17 mm selama 14-139 detik, 25 kali gempa hembusan dengan amplitudo 3-5 mm selama 8-13 detik, 35 kali gempa frekuensi rendah dengan amplitudo 3-7 mm selama 7-15 detik, dan dua kali gempa fase banyak dengan amplitudo 5-24 mm selama 5 detik.

Selama periode pengamatan Senin pagi, asap kawah Gunung Merapi terpantau berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tingginya 50 meter di atas puncak kawah.

Pada periode pengamatan Minggu (5/9) malam pukul 18.00-24.00 WIB, Gunung Merapi tercatat 11 kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.000-2.000 meter ke arah barat daya.

Menurut BPPTKG, status aktivitas Gunung Merapi masih berada pada Level III atau Siaga.

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan berdampak pada wilayah sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Apabila terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hiburan

Mengenang Mendiang Pelawak Omas, Sosoknya di Mata Mandra
apahabar.com

Nasional

Kisah Bendera Merah Putih Tertua di Kota Cirebon
apahabar.com

Nasional

Baku Tembak dengan KKSB Papua, 2 Prajurit TNI Gugur
apahabar.com

Nasional

Realisasi Investasi Jepang di Natuna Segera Dimulai
apahabar.com

Nasional

Food Estate di Kalteng, Giliran Dua Menteri Jokowi Kunjungi Kapuas
apahabar.com

Nasional

10 Karya Terbaik Novelis NH Dini
apahabar.com

Nasional

Hadapi Corona, China Minta Solidaritas Negara Asia Tenggara
apahabar.com

Nasional

Stafsus Presiden, Aminuddin Ma’ruf: Anak Petani yang Ingin Inspirasi Santri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com