OTT KPK di Amuntai HSU: Kadis PU hingga Eks Ajudan Bupati Diamankan, Modusnya Fee Proyek BREAKING! Polisi HSU Bekuk Pembunuh Brutal di Amuntai Tengah Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang

Hari Ini, Rombongan Komisi III Tengok Bekas Tambang PT Arutmin di Kabupaten Kotabaru

- Apahabar.com     Jumat, 10 September 2021 - 14:06 WITA

Hari Ini, Rombongan Komisi III Tengok Bekas Tambang PT Arutmin di Kabupaten Kotabaru

Ketua Komisi III H Sahrujani saat meninjau meninjau kegiatan perusahaan pertambangan PT Arutmin di Kabupaten Kotabaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi energi sumber daya mineral (ESDM) serta lingkungan hidup, meninjau kegiatan perusahaan pertambangan PT Arutmin di Kabupaten Kotabaru.

Ketua Komisi III H Sahrujani mengatakan, kunjungan kerja (Kunker) Komisinya ke perusahaan pertambangan batu bara di “Bumi Sa-ijaan” itu untuk mengetahui dengan pasti kegiatan mereka terkait pertambangan.

Rencananya Komisi III bakal menengok lokasi bekas tambang yang sudah direklamasi.

“Kita tidak ingin eks lahan dibiarkan begitu saja atau usaha reklamasi tidak maksimal yang bisa berdampak terhadap bencana banjir,” lanjut wakil Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Periode 2014-2019

Apalagi, sambungnya, perusahaan tersebut pemegang PKP2B yang harus memberi contoh kepada mereka yang hanya mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP),” katanya

Lelaki kelahiran Ilir Masjid HSU Tahun 1967 menambahkan, pada kesempatan Kunker dalam daerah 9-11 September itu, selain ke kabupaten paling timur/tenggara Kalsel , Komisi III juga ke Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kunker ke Tapin dan HSS juga meninjau hal-hal yang berkaitan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Komisi III,” demikian kata Sahrujani.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Kotabaru meminta Dewan provinsi agar memperhatikan kegiatan pertambangan di kabupaten mereka, terutama mengenai reklamasi.

Wakil rakyat dari Bumi Sa-ijaan Kotabaru menduga salah satu penyebab bencana banjir karena reklamasi yang belum maksimal dari kegiatan perusahaan pertambangan.

Dugaan itu mereka sampaikan dengan Komisi III DPRD Kalsel yang mereka anggap masih punya kewenangan melakukan kontrol terhadap kegiatan pertambangan pada 7 September lalu.

Sementara di Bumi Sa-ijaan Kotabaru yang berbatasan dengan Kalimantan Timur (Kaltim) terdapat sejumlah perusahaan pertambangan batu bara.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

dprd kalsel

DPRD Kalsel

Besok Paripurna, Anggota DPRD Kalsel Wajib Rapid Test Antigen
Penghargaan Ketua DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

Dua Kapolres dan Wadir Polairud Polda Kalsel Terima Penghargaan Ketua DPRD Kalsel
Paman Yani

DPRD Kalsel

Harga Jual Pertanian Lokal Rontok, Paman Yani Janji Panggil 4 SKPD Terkait
Kesehatan

DPRD Kalsel

Kalsel Bakal Aktifkan Lagi UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan

DPRD Kalsel

Siap Perjuangkan Anggaran, Komisi IV DPRD Kalsel Pantau Venue Porprov di HSS
apahabar.com

DPRD Kalsel

Lewat Reses, Yani Helmi Atensi Desa Tak Dialiri Listrik
Penyangga IKN

DPRD Kalsel

Menyongsong Kalsel Sebagai Penyangga IKN, Komisi III Kunker ke Tabalong
apahabar.com

DPRD Kalsel

Komentar Wakil Rakyat Kalsel Setelah Ikut Swab Test
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com