Duduk Perkara Viral Wanita Kurau Dibegal hingga Pingsan Depan Basarnas Banjarbaru Jembatan Alalak Megaproyek Terakhir Kalsel? Habib Banua: Dirjen Permalukan Presiden Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Terapkan PPKM Level II, Pasien Covid-19 Tanbu Kini Tersisa 11 Orang Detik-Detik Laka Maut Sepagar Kotabaru yang Tewaskan Reski dan Ibunya

Harjad Ke-495 Banjarmasin, Wali Kota dan Wawali Ziarah ke Makam Sultan Suriansyah

- Apahabar.com     Jumat, 24 September 2021 - 20:54 WITA

Harjad Ke-495 Banjarmasin, Wali Kota dan Wawali Ziarah ke Makam Sultan Suriansyah

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Wakil Wali Kota, H Arifin Noor, melaksanakan ziarah ke makam Sultan Suriansyah, sultan pertama kerajaan Banjar pada momen perayaan hari jadi ke-495 Kota Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Puncak peringatan hari jadi (Harjad) ke-495 Kota Banjarmasin berlangsung di dua tempat yakni di pemakaman Sultan Suriansyah dan di Kantor DPRD Kota Banjarmasin, dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Namun, ada yang menarik dalam peringatan Harjad 2021 ini, saat berziarah di makan Raja Banjar tersebut, Wali kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Wali kota, H Arifin Noor, secara spontan menyambangi museum Sultan Suriansyah yang berlokasi di kompleks pemakaman tersebut di kawasan Jalan Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kedua pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini sengaja datang ke tempat bersejarah itu untuk melihat kondisi terkini museum tersebut.

“Kita meninjau ke museum makam Sultan Suriansyah, yang sekitar 2 bulan yang lalu kondisinya sangat sangat memprihatinkan, Alhamdulillah sekarang sudah dalam kondisi yang bagus, tertata rapi, koleksinya juga sudah semakin lengkap,” ungkap Wali Kota Ibnu Sina.

Dikatakannya, keberadaan sebuah museum sangat penting bagi sebuah kota, selain sebagai simbol peradaban, juga sebagai salah satu cara menghargai perjuangan para pendiri daerah ini adalah dengan memperhatikan serta menjaga seluruh peninggalannya.

“Begitulah cara kita untuk memuliakan Sultan Suriansyah dan seluruh pendiri Kota Banjarmasin, dan peninggalan-peninggalan juga harus kita lestarikan terutama koleksi-koleksi yang ada di pihak juriat atau pihak keluarga,” ujarnya, Jumat (24/9).

Ia berharap, selain pemerintah, seluruh lapisan masyarakat Bumi Kayuh baimbai juga ikut berkontribusi menjaga, memelihara dan memuliakan seluruh peninggalan Sultan Suriansyah.

“Mudah-mudahan warga di sini dan juga pihak-pihak yang sudah berkontribusi menjaga, memuliakan tempat ini bisa bersatu. Spiritnya, kita menghormati, memuliakan para pendiri kota, Kesultanan Banjar itu pengaruhnya luar biasa, bukan hanya di Pulau Kalimantan bahkan sampai ke luar Pulau Kalimantan,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

BSF

Pemkot Banjarmasin

Terapkan Prokes Ketat, BSF ke 5 Inginkan Perajin Sasirangan Peduli Kelestarian Lingkungan
Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Triptday dan Foodcourt di Banjarmasin Kembali Dibuka, Simak Lokasinya
Wali Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Plh Wali Kota Banjarmasin Tanam Pohon Belian

Pemkot Banjarmasin

Serahkan 5 Ribu Alat Rapid Tes Antigen ke Pemkot Banjarmasin, Safrizal: Kalau Habis, Laporkan!

Pemkot Banjarmasin

Satgas Covid-19 Banjarbaru Sidak Lokasi Tes SKD CAT di BKN Regional VIII
PT PLN

Pemkot Banjarmasin

PT PLN Kenalkan Mobil Listrik, Ibnu Sina: Recommended

Pemkot Banjarmasin

Siap-Siap! Pra-Lansia di Banjarmasin Jadi Sasaran Vaksinasi
Harjad Ke-495 Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Harjad Ke-495 Banjarmasin, Wali Kota Uraikan 3 Prioritas Pembangunan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com