Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

ICW: Aparat Desa Paling Korup di Indonesia

- Apahabar.com     Senin, 13 September 2021 - 07:29 WITA

ICW: Aparat Desa Paling Korup di Indonesia

Ilustrasi korupsi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menyatakan anggaran dana desa merupakan dana yang paling rentan dikorupsi. Pada semester I 2021, pemerintah desa menjadi lembaga pelaku kasus korupsi terbesar.

Peneliti ICW Lalola Easter menyebut pada periode tersebut tercatat ada 62 kasus korupsi yang dilakukan aparat pemerintah desa. Lalu, diikuti oleh pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota dengan masing-masing 60 dan 17 kasus.

Angka yang enggan turun dari waktu ke waktu itu membuatnya mendesak pemerintah untuk mereformasi birokrasi guna mencegah korupsi.

“Dari sisi sektor, aktor yang paling banyak melakukan tindak korupsi atau yang ditetapkan sebagai tersangka di semester I 2021 adalah aparat desa,” ujarnya pada webinar pemaparan tren penindakan kasus korupsi semester I 2021, dikutip dari CNNIndonesia, Minggu (12/9).

Lola mendesak pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap perangkat desa, mengingat anggaran yang dikucurkan untuk desa cukup fantastis yaitu Rp72 triliun pada tahun ini.

Di sisi lain, hingga semester I 2021 ICW mencatat ada lima kasus penyalahgunaan anggaran penanganan covid-19.

Pertama, kasus dugaan korupsi pengadaan 15 ribu masker di provinsi Banten yang merugikan keuangan negara sekitar Rp1,6 miliar. Kedua, kasus dugaan korupsi pengadaan alat darurat di Bandung Barat yang melibatkan AA Umbara, Bupati Bandung Barat.

Ketiga, kasus dugaan pemotongan dana bansos di desa Cipinang, Kabupaten Bogor. Keempat, dugaan pemotongan BLT di Desa Totok, Sumba Barat Daya, NTT.

Kelima, kasus dugaan penyalahgunaan anggaran Covid-19 di Kabupaten Mamberamo Raya yang melibatkan Doranus Dasinapa, Bupati Memberano Raya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tagihan Listrik Melonjak, Legislator: PLN Mengecewakan
apahabar.com

Nasional

Kasad Jadi Wakil Ketua Komite Covid-19, Simak Apa Kata Mahfud
apahabar.com

Nasional

Tragedi Papua, Jadikan Pelajaran Berharga
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Klorokuin Bukan Obat Utama Virus Corona
Habib Rizieq

Nasional

Pengacara Ungkap Rizieq Tolak Opsi Pengampunan Jokowi
apahabar.com

Nasional

Waspadai Potensi Angin Kencang di Jakarta
Bang Ipul

Nasional

4 Tahun Dipenjara, Saipul Jamil Kurus dan Banyak Melamun
Kotak Hitam

Nasional

Basarnas Sebut Lokasi Kotak Hitam Sriwijaya SJ-182 Sudah Didapatkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com