Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300

Jaga Jembatan Sungai Alalak, BPJN Kalsel Gandeng Barito Kuala dan Banjarmasin

- Apahabar.com     Selasa, 21 September 2021 - 22:15 WITA

Jaga Jembatan Sungai Alalak, BPJN Kalsel Gandeng Barito Kuala dan Banjarmasin

Proses pembubuhan tanda tangan dan paraf nota kesepahaman pemeliharaan dan pengelolaan Jembatan Sungai Alalak di Kantor BPJN Kalsel. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Begitu istimewa Jembatan Sungai Alalak, sampai pengelolaan dan pemeliharaan pun akan dilakukan tiga pihak berbeda.

Ketiga pihak tersebut adalah Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan, Pemkab Barito Kuala dan Pemkot Banjarmasin.

Komitmen menjaga bersama jembatan yang membelah Sungai Alalak tersebut ditandai penandatanganan nota kesepakatan antara ketiga pihak di Kantor BPJN Kalsel, Selasa (21/9) sore.

Kesepakatan tersebut akan berlangsung selama dua tahun, serta dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

“Tentu kami siap menjaga dan merawat salah satu ikon di Kalimantan Selatan ini,” papar Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, seusai penandatanganan nota kesepahaman.

“Mewakili keinginan seluruh masyarakat, kami berharap Jembatan Sungai Alalak itu bisa segera diresmikan dan dapat digunakan,” imbuhnya.

Sementara Bupati Batola yang diwakili Sekdakab, Zukipli Yadi Noor, juga memastikan Jembatan Sungai Alalak sudah lama dinanti masyarakat.

Terlebih selama hampir dua tahun pembangunan, akses dari Banjarmasin ke Batola atau sebaliknya sedikit terhambat.

“Pergerakan ekonomi juga akan semakin lancar, karena tidak dipungkiri bahwa tak sedikit warga Batola yang menggunakan uang mereka di Banjarmasin,” cetus Zukipli.

“Tidak cuma infrastruktur transportasi, jembatan tersebut juga memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan,” tambahnya.

Adapun kewenangan Pemkab Batola dalam nota kesepakatan itu adalah melaksanakan pengelolaan landscape yang dibangun BPJN di sisi Batola.

“Hal yang perlu dicatat untuk Batola dalam kesepakatan ini adalah menjaga agar tidak terjadi aktivitas liar yang mengangggu fungsi dan keindahan jembatan,” jelas Zulkipli.

“Terkait kemungkinan penambahan lahan yang dibebaskan di areal landscape, bakal ditinjau ulang sesuai keperluan,” imbuhnya.

Kemudian bersama Banjarmasin, Batola juga sepakat menjaga keamanan maupun kelestarian lingkungan di aset mekanikal elektrikal dan landscape Jembatan Sungai Alalak.

“Sekarang setelah nota kesepakatan ditandatangani, tinggal menunggu kabar peresmian. Meski belum dipastikan, kami sudah bersiap seandainya Presiden yang datang meresmikan,” beber Syauqi Kamal, Kepala BPJN Kalsel.

“Terpenting pembangunan jembatan sudah selesai, termasuk Sertifikat Layak Fungsi (SLF) yang telah dikeluarkan,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Anjir Muara Batola Dilanda Api Lagi, Dua Rumah Ludes

Batola

Siap-siap Putar Balik, Begini Aturan di Pos Penyekatan Pemudik di Anjir Pasar Batola
Gambut

Batola

Nyalakan Kipas Angin, Seorang Kakek di Jejangkit Batola Tewas Tersetrum

Batola

Jelang Bulan Puasa, Harga Bahan Pokok di Pasar Marabahan Tanpa Gejolak
kelotok

Batola

Satu Korban Kelotok Tenggelam di Kuripan Batola Ditemukan Meninggal

Batola

Polres Batola Ungkap Misteri Pembuang Bayi di Sungai Tabunganen
Remaja

Batola

Alami Celebral Palsy Berat, Remaja Kuripan Batola Ini Hanya Bisa Berebah

Batola

Barito Kuala Cari Ribuan Calon ASN, Berikut Bocoran Formasinya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com