Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Jaga Keandalan Listrik Jelang Musim Hujan, PLN Lakukan Mitigasi Kelistrikan

- Apahabar.com     Sabtu, 11 September 2021 - 13:52 WITA

Jaga Keandalan Listrik Jelang Musim Hujan, PLN Lakukan Mitigasi Kelistrikan

Jaga Keandalan listrik, PLN mitigasi kelistrikan jelang musim hujan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) memastikan menjaga keandalan kelistrikan jelang memasuki fase musim penghujan, salah satunya menggelar kegiatan pemeliharaan jaringan listrik.

Senior Manager Distribusi PLN UIW Kalselteng, Dian Herizal mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan tindakan preventif untuk menghindari gangguan suplai listrik akibat gangguan alam khususnya ranting pohon yang bersentuhan dengan jaringan listrik maupun akibat kerusakan peralatan akibat cuaca buruk yang biasa terjadi saat musim hujan.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan dan potensi gangguan keandalan pasokan listrik akan lebih tinggi dari hari biasanya,” ungkap Dian, Sabtu (11/9).

Lebih lanjut dirinya memaparkan saat musim hujan potensi angin kencang dan curah hujan tinggi sangat besar, serta berpotensi mengakibatkan pohon tumbang yang bisa menimpa jaringan distribusi listrik.

“Potensi gangguan di musim hujan sangat tinggi, sehingga apabila terjadi pohon tumbang maka jaringan distribusi dan keandalan listrik akan terganggu,” paparnya.

Dian menambahkan PLN telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik di sekitar wilayah Kabupaten Banjar yang meliputi daerah Jl. Simpang Tahura, Awang Bangkal, Kiram, Mandiangin, Karang Intan, Lihung, Lok Tangga dan sekitarnya, pada Jumat (10/09) sore.

Diketahui selama satu minggu terakhir PLN juga terus melaksanakan pemeliharaan jaringan listrik mulai dari wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Gambut, Marabahan, Pelaihari dan sekitarnya.

Kegiatan pemeliharaan jaringan listrik yang dilakukan meliputi penyisiran jaringan, pemantauan kabel konduktor, memperbaiki atau mengganti peralatan jaringan, melakukan pemangkasan ranting pohon, serta pemasangan alat untuk mencegah binatang naik ke jaringan yang dianggap berpotensi besar menyebabkan gangguan suplai listrik.

“PLN sedang gencar melaksanakan pemeliharaan, dimana hampir 3 bulan ini gangguan Banjarmasin dan sekitarnya diakibatkan oleh hewan, pohon dan peralatan, kondisi di akhir tahun ini banyak tempat mengalami curah hujan yang sangat tinggi sehingga kami harus antisipasi untuk memastikan pasokan listrik ke masyarakat.” jelas Dian.

Sebutnya, bahwa saat ini PLN terus berupaya keras untuk terus meningkatkan keandalan pasokan listrik di masa pandemi Covid-19. Ia menghimbau kepada masyarakat atau pelanggan apabila mengetahui adanya ranting pohon yang akan menyentuh jaringan dan dianggap membahayakan bisa melaporkan kepada pihak PLN.

“Kami sangat berharap partisipasi masyarakat untuk mengikhlaskan pohon yang sudah mendekati jaringan untuk ditebang guna menjaga keandalan listrik, apabila masyarakat menemukan pohon sudah mendekati jaringan bantu kami dengan melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center 123,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Waspada Kebakaran Lahan Kawasan Bandara
apahabar.com

Kalsel

Sisir Pedagang Pasar, Kapolsek Berikan Sosialisasi dan Edukasi Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Teror Kebakaran Sekolah di Barabai, Mabes Polri Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Giliran Serikat Pekerja Geruduk DPRD Kalsel, Simak Tuntutannya
Mortir

Kalsel

Tim Gegana Polda Kalsel Ledakkan Mortir Peninggalan Belanda di Pelaihari
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 Tanbu, Tambah 4 Positif, Total Tembus 715 Kasus
apahabar.com

Kalsel

PSBB Berakhir, THM-Bioskop di Banjarmasin Terancam Mati Suri
apahabar.com

Kalsel

Kapolsek Martapura Kota Masuk Rutan, Ceramah Hingga Shalat Bersama Napi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com