Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan Duduk Perkara Viral Wanita Kurau Dibegal hingga Pingsan Depan Basarnas Banjarbaru Jembatan Alalak Megaproyek Terakhir Kalsel? Habib Banua: Dirjen Permalukan Presiden Terapkan PPKM Level II, Pasien Covid-19 Tanbu Kini Tersisa 11 Orang

Jembatan Alalak dan Ekonomi Masyarakat Kebun Jeruk yang Bergeliat Lagi

- Apahabar.com     Minggu, 26 September 2021 - 20:28 WITA

Jembatan Alalak dan Ekonomi Masyarakat Kebun Jeruk yang Bergeliat Lagi

Pembukaan Jembatan Alalak diprediksi akan membuat sektor ekonomi masyarakat makin bergairah. Foto-detikcom

apahabar.com, BANJARMASIN – Tiga tahun bukan waktu yang singkat bagi M Syahrani untuk bersabar. Sejak 2019 lalu, dagangan miliknya sepi akibat dampak dari pembangunan Jembatan Sungai Alalak.

“Turun drastis sampai 70 persen,” ujar Warga Jalan Trans Kalimantan, Kelurahan Handil Bakti Kecamatan Alalak Barito Kuala, Minggu (26/9) sore.

Kios kecil berukuran 4 x 4 yang menjadi satu-satunya usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sekeluarga itu tampak kosong.

Beberapa etalase kaca terlihat kosong melompong dan berdebu. “Saya salah satu pedagang yang bertahan. Kalau yang lain banyak yang pindah,” imbuhnya.

Ya, sejak 2019 lalu para pedagang di kawasan Komplek Kebun Jeruk, Kelurahan Handil Bakti Kecamatan Alalak Barito Kuala ini paling terdampak dari pembangunan jembatan itu.

Boleh dibilang perputaran ekonomi di sana mati suri. Tak sedikit pedagang pinggiran jalan banting setir dan berpindah ke tempat lain. Yang paling tragis adalah kebangkrutan akibat sepinya omset jualan.

“Di sebelah saya ini dulunya bengkel. Sejak ditutup langsung pindah. Katanya saat itu nggak tahan dengan sepinya usaha,” kenang Syahrani.

Namun sejak tadi sore, pedagang yang sudah mengadu nasib belasan tahun di lokasi itu bisa sedikit bernapas lega. Menyusul dibukanya Jembatan Sungai Alalak sebagai tahap ujicoba.

“Alhamdulillah. Semoga juga berdampak bagi usaha kami di sini. Tidak sepi lagi seperti dulu,” harapannya.

Sama halnya yang dirasakan Nurbaya. Penjual kue bolu itu juga mengalami nasib yang sama dengan Syahrani.

Sejak Jalan Trans Kalimantan tak menjadi akses utama pengendara jualan kue bolu miliknya sepi.

“Laku satu saja sudah syukur. Paling yang beli memang langganan. Kalau berharap orang lewat mana ada,” katanya.

Kendati demikian, Nurbaya turut bersyukur dengan dibukanya Jembatan Sungai Alalak. Kini jalan di depan tempat usahanya yang dulunya sepi mendadak kembali normal.

“Kesabaran kami selama tiga tahun menunggu jembatan itu dibuka semoga bisa terbayar. Semoga usaha kami kembali normal seperti dulu. Bahkan kalau bisa tambah rame,” pungkasnya.

Sementara itu, Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Muzdalifah melihat dari sisi ekonomi pembukaan terbatas Jembatan Alalak akan sangat bermanfaat bagi para pekerja, karena akan menghemat waktu dan pengeluaran untuk biaya transportasi.

“Selain itu jalur jalan ini juga jadi penghubung antar Provinsi yakni Kalsel dan Kalteng,” kata pengampu mata kuliah perencanaan pembangunan hingga keuangan daerah ini.

Menurutnya, adanya pembukaan ini akan berdampak pada lancarnya jalur distribusi barang antar-provinsi, sehingga perekonomian diharapkan mampu bergerak.

“Karena aktivitas perdagangan di Kota Banjarmasin juga sebagian besar permintaan barang dan jasa berasal dari Kalimantan Tengah. Selain itu aktivitas pelabuhan juga diharapkan akan semakin hidup, dengan aktivitas bongkar muat barang yang semakin ramai,” pungkas ketua Lembaga Kajian Ekonomi dan Pembangunan Daerah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, ULM ini.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Banjir Parah di Tala: Ratusan Rumah hingga Jalan Nasional Terendam
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Pelindung Jembatan Rumpiang Disenggol Tongkang Batu Bara

Kalsel

Kreatif, 7 Satker Polda Kalsel Diganjar Penghargaan Menpan-RB
RS Sultan Suriansyah

Kalsel

Menyoal Berkurang Drastisnya Pasien Covid-19 di RS Sultan Suriansyah Jelang Pengumuman PPKM
apahabar.com

Kalsel

Kecelakaan Maut di Batola, Mahasiswi Banjarmasin Tewas
apahabar.com

Kalsel

Baarak Naga: Berawal dari Peristiwa Gaib
apahabar.com

Kalsel

Gerak Cepat! Pembangunan Saluran Air Baru Rampung Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

120 Personil Sat Brimob Polda Kalsel Ikut Pengamanan di Papua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com