Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Kapuas Gelar Ritual Adat Balian dan Memapas Lewu

- Apahabar.com     Minggu, 19 September 2021 - 17:56 WITA

Kapuas Gelar Ritual Adat Balian dan Memapas Lewu

Sekda Kapuas Septedy saat membuka acara ritual adat balian tuntang memapas lewu. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas, Kalteng, melaksanakan ritual balian tuntang mamapas lewu, Minggu (19/9).

Acara ritual adat dayak yang berlangsung di Balai Basarah Panampung Penyang Jalan Melati Kuala Kapuas tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kapuas, Septedy ditandai dengan pemukulan katambung.

Septedy mengatakan, ritual balian tuntang memapas lewu ini sebenarnya rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada saat Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas.

Namun karena terjadi pandemi Covid-19, sehingga acara ritual adat ini pun mengalami beberapa kali penundaan dan baru pada tahun ini dapat dilaksanakan.

“Dengan terlaksananya ritual adat ini mudah-mudahan Covid-19 cepat berlalu, masyarakat kita sehat dan segala macam penyakit tidak ada lagi di Kabupaten Kapuas,” harap Septedy.

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Agama Hindu Kaharingan Kapuas, Sulatin, mengatakan rangkaian acara ritual adat saat itu dimulai dari ritual balian batahur sahut lewu.

“Batahur artinya adalah membayar atau melunasi hutang kita dalam jangka waktu setahun. Kita dapat diselamatkan, diamankan atau ditenangkan suasana kita,” jelas Sulatin.

“Sedangkan memapas lewu artinya menghilangkan, menghapuskan atau membuang hal-hal yang buruk, termasuk bala penyakit dan musibah,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala Disbudpora Kapuas H Suparman mengatakan, kegiatan ritual berlangsung selama 2 hari yang dimulai dari ritual balian yang kemudian dilanjutkan dengan ritual memapas lewu.

“Untuk kegiatan memapas lewu akan dilaksanakan pada Selasa 21 September 2021 di Balai Basarah Kaharingan Jalan Melati Kuala Kapuas,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Cegah Covid-19, PDAM Kapuas Sediakan Puluhan Sarana Cuci Tangan
apahabar.com

Kalteng

Akses Vital, Jalan Layang Bukit Rawi Kalteng Ditarget Selesai Lebih Cepat
apahabar.com

Kalteng

Pencarian Tiga Nelayan KM Berkat Barokah Dihentikan
apahabar.com

Kalteng

Hendak Kembali ke Jawa, Puluhan Santri asal Kobar Di-Rapid Test
apahabar.com

Kalteng

Wardatun Nurjamilah Kembali Nakhodai KNPI Barito Utara
Jalur Trans Kalimantan

Kalteng

Debit Air Turun, Jalur Trans Kalimantan Kereng Pangi Pakai Sistem Buka Tutup
Begal

Kalteng

Takut Dimarahi Istri, OB di Palangka Raya Nekat Ngaku Dibegal
apahabar.com

Kalteng

Gegara Korsleting, Toko Kelontong dan Bengkel Ludes Terbakar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com