DITANGKAP! Pelaku Tabrak Lari Tewaskan Ibu-Anak di Kotabaru PT Maming 69 Hijaukan Pesisir lewat Mangrove, Puluhan Ribu Bibit Ditanam Tanah Bumbu Cetak Ribuan Sarjana lewat Beasiswa H Maming Hasil Liga 2 Grup D: Drama Menit Akhir, Persiba Gasak Persewar Potensi Hujan dan Angin Kencang Bayangi Agenda Jokowi di Kalsel Hari ini

Kasus Covid-19 RI Melandai, Luhut: Tidak Boleh Berpuas Diri!

- Apahabar.com     Selasa, 28 September 2021 - 10:45 WITA

Kasus Covid-19 RI Melandai, Luhut: Tidak Boleh Berpuas Diri!

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat Konferensi Pers Perkembangan PPKM. Foto-Tangkapan Layar YouTube PerekonomianRI

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat jangan jumawa dengan melandainya kasus penularan Covid-19. Masyarakat masih harus hati-hati dan terus menjalankan protokol kesehatan ketat.

“Membaiknya angka ini membuat kita tidak boleh berpuas diri, tapi hati-hati. Kemarin dapat laporan Dandim (Komandan Distrik Militer) di lapangan, lebih dari 10 ribu orang datang ke Pangandaran. Meski sudah diatur, tapi mungkin orang sudah lelah tinggal di rumah, makanya pengaturan harus kita tangani dengan baik,” katanya dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (27/9).

Luhut mencatat tingkat mobilitas masyarakat terpantau naik dari aktivitas ritel, tempat rekreasi, dan taman. Begitu juga ke tempat kerja mengalami peningkatan.

Padahal, imbuhnya, sudah ada beberapa langkah yang dilakukan pemerintah untuk menekan mobilitas masyarakat.

“Walaupun diambil langkah macam ganjil genap dan sebagainya, tapi angka itu naik dan menjadi perhatian kita semua,” katanya.

Menurut Luhut, tingkat reproduksi effective rate atau angka kecepatan penularan di wilayah Jawa sudah di bawah 1%, tepatnya 0,98%, diikuti wilayah Sumatera, dan Kalimantan. Sementara untuk wilayah Bali masih di angka 1,01%.

Luhut memaparkan kasus konfirmasi nasional turun 96,9% dibandingkan puncak gelombang II per 15 Juli 2021. Kemudian, kasus aktif nasional turun 92,6% dibandingkan puncak pada 24 Juli 2021.

Ia pun mengungkapkan kasus konfirmasi Jawa-Bali turun 98% dari puncak per 15 Juli 2021. Sementara kasus aktif di luar Jawa-Bali turun 96% dari puncak per 24 Juli 2021.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, per 27 September 2021 pukul 12.00 WIB, kasus baru Covid-19 bertambah 1.390 sehingga total kasus menjadi 4.209.403. Tambahan kasus hari ini lebih rendah dibandingkan kemarin yang tercatat 1.760.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Diduga Miliki Alat Kelamin Terlalu Besar, Mertua Laporkan Menantu ke Polisi
pinjol

Nasional

Ketua OJK: Pinjol Legal Berikan Bunga Murah ke Masyarakat
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Tunggu Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase Tiga
apahabar.com

Nasional

Seandainya Kaltim Ibu Kota Negara, Pengamat: Investasi di Kalsel akan Meningkat!
Papua

Nasional

Tepis Pemberitaan Dirinya Diserang, Kapolda Papua: Itu Budaya

Nasional

Tes PCR Mahal, Jokowi Minta Ada Standarisasi Harga
apahabar.com

Nasional

10 Jamaah Haji yang Dirawat Segera Dipulangkan Pekan Ini
Jokowi

Nasional

Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com