Braakk! Pemuda “Gaduk” Tubruk Bokong Truk di Kotabaru Golkar Banjar Terbelah, Antung Aman & H Rusli Saling Klaim Kepemimpinan INNALILLAHI, Nelayan Kerumputan Kotabaru Ditemukan Tak Bernyawa Geger Api di Liang Anggang, Relawan Sulit Jangkau Titik Api Kisah Istri Alm Brimob Kalsel Jadi Sopir Travel Demi Hidupi 8 Anak, Gaji Habis Bulan Depan

Kasus Kebakaran Lapas Tangerang, Polda Metro Jaya Tetapkan 3 Tersangka

- Apahabar.com     Senin, 20 September 2021 - 16:19 WITA

Kasus Kebakaran Lapas Tangerang, Polda Metro Jaya Tetapkan 3 Tersangka

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan tia tersangka dalam kasus kebakaran di Lapas Klas I Tangerang.

“Tiga tersangka kita tetapkan,” ujar Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (20/9).

Tiga tersangka itu adalah para pegawai lapas yang sedang bertugas saat malam kejadian. Mereka adalah inisial RU, S, dan Y.

Penetapan tersangka itu, sambung Yusri, dilakukan dalam gelar perkara setelah mengumpulkan beberapa alat bukti serta pemeriksaan saksi.

“Ada 53 saksi kita periksa termasuk saksi pelapor kemudian beberapa alat bukti dikumpulkan, keterangan saksi sudah lengkap,” ujarnya.

Sebagai informasi, kebakaran di Lapas Klas I Tangerang terjadi pada 8 September lalu. Api berkobar sejak malam hingga dini hari. Sebanyak 41 orang meninggal dunia dan lainnya luka-luka.

Sejauh ini, Kemenkumham sudah menyerahkan 38 jenazah yang telah teridentifikasi ke pihak keluarga. Kepolisian sempat kesulitan mengidentifikasi akibat kondisi jasad korban kebakaran yang sulit dikenali.

Kepolisian sebelumnya menyatakan ada dugaan tindak pidana dibalik kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang. Sejumlah saksi diperiksa hingga kemudian kasus dinaikkan ke tahap penyidikan.

Kepala Lapas Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartono juga sempat diperiksa. Beberapa hari kemudian, Victor dinonaktifkan dari jabatannya sebagai kepala lapas untuk kepentingan penyidikan yang dilakukan kepolisian.

“Dari hasil penyelidikan, ada dugaan tindak pidana. Pertama 187 KUHP dan 188 KUHP juncto pasal 359 KUHP,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus beberapa waktu lalu.

Pasal 187 KUHP mengatur tentang orang yang dengan sengaja menimbulkan kebakaran, ledakan atau banjir bisa dipenjara maksimal 20 tahun jika sampai mengakibatkan kematian orang lain.

Kemudian di Pasal 187 KUHP, orang yang lalai atau alpa hingga menyebabkan kebakaran bisa dipidana penjara maksimal lima tahun jika berujung pada kematian orang lain.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Video Call

Nasional

Gegara Video Call, Foto Bugil Perempuan Ini Nyaris Tersebar
apahabar.com

Nasional

Usai Sri Mulyani, Giliran Eks Gubernur Sulsel ke Istana

Nasional

Kemnaker, Apindo, Kadin, dan Buruh Deklarasi Gotong Royong
apahabar.com

Nasional

Jubir Presiden: Evakuasi WNI dari Yokohama Jepang Segera Dilaksanakan
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Segenap Bangsa Harus Bekerja Sama untuk Wujudkan Indonesia Sentris
apahabar.com

Nasional

Polisi Sempat Bingung Pilih Sel Lucinta Luna
apahabar.com

Nasional

Dibeli Jokowi Rp85 Juta, Tyson Disembelih Hari Raya Kurban Nanti

Nasional

Menang Telak di Munas, Anindya Bakrie Kembali Pimpin PRSI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com