Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Resmikan Pabrik Bio Diesel di Tanah Bumbu, Jokowi Bakal Naik Helikopter Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021 Terungkap, Penyebab Kematian Ibu Muda di Hotel Berbintang Banjarmasin Ribuan Gram Sabu hingga Ratusan Butir Ekstasi di Banjarmasin Dimusnahkan

Ke LPKA Kelas I Martapura, Kemenkumham RI Ingin Pastikan Pendidikan Terjamin

- Apahabar.com     Kamis, 30 September 2021 - 23:45 WITA

Ke LPKA Kelas I Martapura, Kemenkumham RI Ingin Pastikan Pendidikan Terjamin

Anak didik lapas di LPKA Martapura sedang mengikuti pembelajaran tatap muka di ruang belajar dalam lapas. Foto-apahabar.com/Hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura jadi perhatian serius Kementerian Hukum RI.

Demi memastikan pendidikan tetap terjamin, Kemenkumhm RI mengutus Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Ditjen PAS Kemenkumham RI, Liberti Sitinjak.

Ia juga datang sekaligus memantau pelaksanaan Uji Petik Regulasi Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Berkelanjutan Bagi Anak, di LPKA Kelas I Martapura, Kamis (30/9).

“Anak-anak ini adalah bagian dari penerus bangsa yang saat ini berhadapan dengan hukum, kita memastikan bagaimana hak-haknya terpenuhi khususnya di bidang pendidikan, karena bagaimana pun hak-hak mereka itu dijamin oleh konstitusi UU tahun 1945,” ujar Liberti.

Yang menjadi tantangan adalah, tiap anak didik lapas berbeda-beda latar belakang pendidikannya. Ada yang baru lulus SD, atau masih SMP atau SMA sederajat.

Karenanya, pihaknya sudah menandatangani kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel untuk memenuhi hak pendidikan keberlanjutan mereka.

“Kami sudah membuat rakor di Jakarta terkait pendidikan keberlanjutan anak-anak di LPKA ini. Kami juga sudah menyusun modul, bekerjasama dengan stakeholder, demi memberikan pendidikan yang bermutu dan berkualitas,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, M Yusuf Effendi yang juga hadir mengatakan, pihaknya memastikan tidak ada diskriminatif dalam pendidikan, pihak sekolah terbuka bagi anak lapas yang ingin melanjutkan sekolah.

“Jadi misal anak ini sebelumnya di SMA, maka tentu semua SMA terbuka dan merespon positif, begitu juga SMK. Tapi kalau sebelumnya belum mengikuti pendidikan, yang tepat adalah program kejar paket bekerjasama dengan pemerintah daerah,” jelas Yusuf Effendi.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan Tejo Harwanto mengatakan di LPKA punya klaster SD, SMP, SMA juga ada pembelajaran paket.

“Di LPKA ini ada beberapa opsi untuk keberlanjutan pendidikan. Di antara anak di sini ada yang mengikuti pendidikan formal SMK dan SMA bekerjasama dengan pihak sekolah di Martapura,” terang Tejo.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di LPKA Martapura juga memberikan ruang pelatihan untuk mengasah berbagai keterampilan.

“Sehingga jika nanti setelah keluar mereka bisa mandiri untuk bekal kehidupan mereka. Anak-anak ini kan generasi penerus yang menerima estafet kita semua, sehingga sudah menjadi kewajiban untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkasnya.

Selain pendidikan formal dan pelatihan keterampilan, LPKA Martapura juga rutin mengadakan pengajian dan pembelajaran agama untuk memupuk akhlakul karimah bagi anak didik lapas.

LPKA Kelas I Martapura

Uji Petik Regulasi Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Berkelanjutan Bagi Anak, yang digelar Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Kamis (30/9). Foto-apahabar.com/Hendralianor

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Lagi, Tiga Warga Hulu Sungai Meninggal Akibat Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Andin-Guru Oton: Banjar Bersinar Prioritas Peningkatan Kualitas SDM dan PAD
KPU Banjarmasin

Kalsel

KPU Banjarmasin Bantah Tuduhan AnandaMu di Sidang MK

Kalsel

Kabar Baik dari Tabalong, 6 Pasien Covid-19 Sembuh
Antalangu

Kabupaten Banjar

Meminimalisir Banjir, Folder Antalangu di Martapura Akan Dinormalisasi
apahabar.com

Kalsel

Jangan Berkerumun! Sembako PSBB di Banjarmasin Cair Esok
apahabar.com

Kalsel

Satgas TMMD Kodim 1022 Tanah Bumbu Bikin Kolam Ikan untuk Masyarakat Desa Sumber Makmur

Kalsel

Lepas Mahasiswa KKN STIT Syekh Muhammad Nafis, Bupati Tabalong Pinta Terapkan Prokes
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com