Duel Maut, Kakek Aniaya Tetangga hingga Tewas di Banjarmasin Terancam Hukuman Berat Ke Kalsel, Jokowi Tak Hanya Resmikan Jembatan Sei Alalak Prokes Dilonggarkan, Arab Saudi Hapus Aturan Jaga Jarak di Masjidil Haram Geger! Warga Hilir Kotabaru Temukan Mayat Bayi dalam Kardus Setelah Kakak, Sang Adik yang Hilang di Hampang Kotabaru Ditemukan Meninggal

Kemendikbudristek Intruksikan Kuliah Tatap Muka, Wakil Rektor I UNISKA: Lihat Perkembangan

- Apahabar.com     Senin, 27 September 2021 - 19:28 WITA

Kemendikbudristek Intruksikan Kuliah Tatap Muka, Wakil Rektor I UNISKA: Lihat Perkembangan

Ilustrasi, kampus Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari. Foto-apahabar.com/Riki

apahabar.com, BANJARMASIN – Berbeda dengan sekolah yang kekeuh menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) meski berstatus PPKM level 4, perguruan tinggi di Kota Banjarmasin tampak masih menahan diri.

Salah satu perguruan tinggi di ibukota Kalsel yang masih menggelar kuliah daring (dalam jaringan) saat ini adalah Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB).

Wakil Rektor I Bidang Pendidikan Uniska MAB, Mohammad Zainul mengatakan, tidak menutup kemungkinan pihaknya sewaktu-waktu bakal menggelar kuliah tatap muka.

“Mengenai perkuliahan semester gasal 2021/2022 Uniska MAB Banjarmasin masih menggunakan sistem online sambil melihat perkembangan pandemi Covid-19,” ujarnya, Senin (27/9).

“Bilamana pandemi Covid-19 terus melandai, tidak menutup kemungkinan perkuliahan dilakakun secara offline, tentunya mengacu pada edaran Kemendikbudristek RI,” tambahnya.

Sebelumnya, Kemendikbudristek melalui Ditjen Dikti Ristek mengintruksikan seluruh perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

Intruksi dikeluarkan melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.

Kemdikbudristek menegaskan, PTM Terbatas yang akan dibuka perguruan tinggi wajib menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu, perguruan tinggi juga harus tetap menyediakan pembelajaran daring.

Bagi perguruan tinggi yang akan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, baik perkuliahan, praktikum, studio, praktik lapangan, maupun bentuk pembelajaran lainnya, harus memenuhi ketentuan sebagai berikut.

Panduan Persiapan Kuliah Tatap Muka Berdasar SE Kemendikbudristek 4/2021

Melakukan 6 Persiapan PTM

1. Perguruan tinggi dapat melaksanakan persiapan PTM Terbatas dengan menyesuaikan level PPKM berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, di antaranya:

– Perguruan tinggi di wilayah PPKM level 1, level 2, dan level 3 dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas dan melaporkan pada satuan tugas daerah setempat.

– Bagi perguruan tinggi swasta selain melaporkan pada satuan tugas daerah juga melaporkan kepada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.

2. Perguruan tinggi hanya diperbolehkan menyelenggarakan kegiatan kurikuler melalui pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

3. Perguruan tinggi telah siap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Bersama di atas dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

4. Perguruan tinggi membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 di perguruan tinggi untuk menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur protokol kesehatan.

5. Pemimpin perguruan tinggi menerbitkan pedoman pembelajaran, wisuda, maupun kegiatan lainnya bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi.

6. Tidak ada keberatan dari orang tua/wali bagi mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka.

Melaksanakan 7 Hal Penting Saat PTM

1. Melaporkan penyelenggaraan pembelajaran kepada satuan tugas penanganan Covid-19 secara berkala.

2. Melakukan testing dan tracing secara berkala.

3. Sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang melakukan aktivitas di kampus harus:

a. dalam keadaan sehat;

b. sudah mendapatkan vaksinasi. Bagi yang belum divaksin, membuat surat pernyataan yang berisi keterangan bahwa yang bersangkutan belum mendapatkan kuota vaksinasi atau tidak bisa divaksinasi karena alasan tertentu (memiliki komorbid);

c. mendapatkan izin orang tua, dibuktikan dengan surat pernyataan;

d. bagi mahasiswa yang tidak bersedia melakukan pembelajaran tatap muka dapat memilih pembelajaran secara daring;

e. mahasiswa dari luar daerah/luar negeri wajib memastikan diri dalam keadaan sehat, melakukan karantina mandiri selama 14 hari atau melakukan tes swab, atau sesuai peraturan/protokol yang berlaku di daerah setempat;

4. Melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat dan terkendali.

5. Warga kampus diharapkan dapat menjadi duta perubahan perilaku di lingkungan masing-masing.

6. Dalam hal ditemukan kasus konfirmasi positif Covid-19 di perguruan tinggi, pemimpin perguruan tinggi menghentikan sementara pembelajaran tatap muka di area terkonfirmasi positif covid-19 sampai kondisi aman.

7. Dalam hal terjadi peningkatan status peningkatan resiko Covid-19 di kabupaten/kota, pemimpin perguruan tinggi berkoordinasi dengan satuan tugas penanganan Covid-19 setempat untuk melanjutkan atau menghentikan pembelajaran tatap muka.

Melakukan Pemantauan

1. Perguruan tinggi menegakkan standar operasional prosedur protokol kesehatan serta melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan standar operasional prosedur penegakan protokol kesehatan.

2. Perguruan tinggi diharapkan dapat saling berbagi pengalaman dan praktik baik dalam penyelenggaraan pembelajaran campuran selama masa pandemi Covid-19.

3. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi melakukan pemantauan secara berkala terhadap aktivitas PTM di perguruan tinggi dan hasil pemantauan dapat dijadikan rekomendasi untuk tindak lanjut aktivitas pembelajaran tatap muka.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu, Sembuh Bertambah 4 Orang

Kalsel

Peresmian Jembatan Alalak, Bakal Ada Penutupan hingga Pengalihan
apahabar.com

Kalsel

Komisi III DPRD Banjarmasin Coba Ungkap Fakta Bangunan Parkir ‘Liar’ Duta Mall
apahabar.com

Kalsel

Libur Lebaran, Duta Mall Banjarmasin Terpantau Normal
apahabar.com

Kalsel

Warga Sungai Miai Diajari Mengelola Sampah Plastik

Kalsel

Operasi Besar-besaran di Banjarbaru, 53 Budak Narkotika Diamankan!
apahabar.com

Kalsel

Kronologi Penemuan Mayat Pakai Helm Mengapung di Benua Anyar: Korban Sempat Mondar-Mandir
Hipmi Kotabaru

Kalsel

Ketua Hipmi Kotabaru Minta Pelaku UMKM Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap II
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com