Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

Komisi IV DPRD Kalteng Minta Pembangunan Jalan Layang Bukit Rawi Dipercepat

- Apahabar.com     Jumat, 3 September 2021 - 18:03 WITA

Komisi IV DPRD Kalteng Minta Pembangunan Jalan Layang Bukit Rawi Dipercepat

Terlihat sejumlah kendaraan terpaksa antre saat akan melintas di sekitar ruas Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Kamis (3/9). Foto-Antara/HO-Dokumentasi Achmad Rasyid

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV bidang infrastruktur DPRD Kalteng, Achmad Rasyid meminta Pemerintah Pusat, melalui Kementerian PUPR, dapat mempercepat pembangunan jalan layang yang berada di sekitar ruas Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau.

Achmad mengatakan, permintaan itu karena sekarang ini jalan di sepanjang ruas Bukit Rawi tergenang air yang berdampak pada antrean panjang kendaraan akibat sulit dilintasi.

“Saya kemarin ada melintas di sana. Kondisi jalannya tergenang air cukup dalam. Kendaraan harus berhati-hati melintas, karena rawan terperosok dan antrian sangat panjang,” kata Achmad di Palangka Raya, Jumat (3/9) dilansir Antara.

Menurut legislator Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu, keberadaan dan peran jalan di sekitar Bukit Rawi sangat penting karena menghubungkan Ibu Kota Kalteng dengan sejumlah kabupaten di DAS Barito serta Kabupaten Gunung Mas, Kapuas dan Pulang Pisau.

Achmad bilang, mengingat pentingnya keberadaan ruas jalan tersebut, maka pembangunan jalan layang di sekitar ruas Bukit Rawi harus benar-benar lebih dipercepat. Dan, apabila memungkinkan dapat selesai sebelum 2022 seperti yang ditargetkan.

“Sembari menunggu pembangunan jalan layang selesai, kami harapkan juga pihak terkait dapat memandu masyarakat saat melintas, atau minimal ada rambu-rambu petunjuk,” ucapnya.

Legislator Kalteng itu juga mengharapkan pihak teknis terkait, bisa melakukan sejumlah antisipasi di sekitar ruas Bukit Rawi ketika musim hujan.

Di mana bisa dilakukan pemeliharaan di sejumlah titik yang berlubang-lubang dan dianggap rawan tergenang air cukup dalam.

“Setidaknya dilakukan agregat atau sirtu 2×3 lah di lubang-lubang yang cukup dalam. Jadi, ketika musim hujan, tidak terjadi genangan air yang cukup dalam dan mengganggu kendaraan melintas,” kata Achmad.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kalteng, Shalahuddin, menyatakan bahwa proyek pembangunan jalan layang bukit rawi ditargetkan tuntas pada 2022.

Saat ini sedang proses lanjutan sepanjang 2 kilometer dari total proyek 3 kilometer sejak dimulai pada 2019 lalu, dengan anggaran multiyear sebesar Rp 161 miliar.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Warga Zona Merah Palangka Raya Diimbau Salat Id di Rumah

Kalteng

Resmi, Rahmad Jainudin Pimpin Pansus Hak Interplasi DPRD Kapuas Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Jembatan Penghubung Desa Rusak, Warga Terusan Kapuas Desak Perbaikan
Kapuas

Kalteng

Tinjau Food Estate di Kapuas, Mentan Targetkan Januari 2021 Tanam Perdana
apahabar.com

Kalteng

Presiden Jokowi Saksikan Langsung Penanaman Perdana Lokasi Food Estate di Pulang Pisau Kalteng
Vaksinasi Covid-19

Kalteng

Update Vaksinasi Covid-19 Kapuas: 1.991 Orang Nakes Sudah Divaksin
Koramil 04/Selat

Kalteng

Personel Koramil 04/Selat Mengikuti Jumat Bersih Bersama Warga
apahabar.com

Kalteng

Mayat Tanpa Kepala di Kalteng, Diduga Nelayan yang Hilang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com