OTT KPK di Amuntai HSU: Kadis PU hingga Eks Ajudan Bupati Diamankan, Modusnya Fee Proyek BREAKING! Polisi HSU Bekuk Pembunuh Brutal di Amuntai Tengah Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang

Kunjungi CBS Martapura, Sandiaga Uno Prihatin Omzet Pedagang Turun Drastis Selama Pandemi

- Apahabar.com     Kamis, 2 September 2021 - 20:58 WITA

Kunjungi CBS Martapura, Sandiaga Uno Prihatin Omzet Pedagang Turun Drastis Selama Pandemi

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi para pedagang batu intan di pusat perbelanjaan CBS Martapura, Kamis (2/9). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pusat Perbelanjaan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (2/9).

Dengan stelan baju Sasirangan, kain khas Kalsel, Sandiaga Uno berbincang-bincang dengan beberapa penjual batu mulia dan oleh-oleh. Sandi menerima keluhan bahwa penjualan menurun drastis selama pandemi Covid-19.

“Tadi bertemu pak Najib, pak Zabidi, adek Hambali maupun pak Maher, penjualan anjlok dari 50 sampai 70 persen di CBS ini. Kita sangat prihatin,” ucap Sandi.

Sandi melanjutkan, salah satu yang menjadi tantangan budaya wisata belanja adalah tidak mudah untuk di-digatilasi.

“Karena yang menjadi daya tariknya adalah tawar menawar, melihat, dan memegang langsung barang. Dan ini tidak bisa langsung di-digatilasi,” terangnya.

Untuk pemulihan ekonomi para pelaku UMKM di Martapura, yang pertama Sandi menekankan pemerintah daerah agar gerak cepat mengajukan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2022.

“Yang kedua, strategi atau tagline ke depan adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang dibungkus dengan 3G yaitu garcep gerak cepat, geber gerak bersama, dan gaspol garap semua potensi. Jadi DAK garcep langsung dikerjakan,” kata Sandi.

Ia menambahkan, pemerintah daerah harus hadir dalam membantu masyarakat yang benar-benat terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu, Sandi berjanji bakal mencarikan pasar ekspor untuk produk-produk kreatif di Kalimantan Selatan.

“Sehingga produk-produk di CBS ini dicarikan pemasarannya agar meningkat melalui ekspor. Karena biasaya orang yang datang ke sini kita tidak menggarap pasar ekspor, padahal saat ini pasar ekspor yang menggeliat,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno membeli beberapa produk kerajinan khas Banua, seperti gelang fukaha, kupiah jangang serta beberapa aksesoris lainnya sebagai oleh oleh pulang ke Ibukota Jakarta.

“Momentum kedatangan Pak Menteri Sandiaga Uno, kita berharap ada solusi agar penjualan bisa kembali meningkat, dan ekonomi daerah kembali pulih,” kata Ami Najib, salah satu pelaku usaha permata di CBS Martapura.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Operasi Yustisi

Kalsel

Perayaan Iduladha di Kalsel, Operasi Yustisi hingga Pembatasan Mobilitas Diperketat
apahabar.com

Kalsel

Cegah Penularan Covid-19 di Pantai, Dema UIN Antasari Banjarmasin Bagi-bagi Hand Sanitizer Gratis
apahabar.com

Kalsel

Permudah Layanan Kesehatan di Pedesaan, Bupati Kotabaru Serahkan Mobil Ambulans
apahabar.com

Kalsel

Harga Elpiji Melambung, Bagaimana di HSS?
apahabar.com

Kalsel

Dapat Mobil Hibah, Banjar Siap Salurkan 4 Ton Ikan Segar
apahabar.com

Kalsel

Rotasi Pejabat Administrator dan Fungsional Pemko Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

PDAM Bandarmasih Salurkan Cairan Disinfektan
hecker

Kalsel

Kena Hack, Akun FB Humas Polda Kalsel Jadi Lapak Jualan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com