Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Langkah Kalsel Percepat Swasembada Sapi Potong Didukung Negeri Kanguru

- Apahabar.com     Kamis, 9 September 2021 - 17:28 WITA

Langkah Kalsel Percepat Swasembada Sapi Potong Didukung Negeri Kanguru

Langkah Kalsel percepat swasembada sapi potong didukung Negeri Kanguru. Foto-apahabar.com/Ahc36

apahabar.com, BANJARBARU – Upaya percepatan swasembada sapi potong di Kalimantan Selatan (kalsel) dapat dukungan Negeri Kanguru, Australia, melalui program Indonesia Australia Red Meat & Cattle Partnership.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel Suparmi menjelaskan dukungan tersebut berupa pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) daerah.

Dukungan lain juga ada, seperti melakukan desiminasi melalui berbagai inovasi yang telah disiapkan. Sehingga kendala-kendala yang terjadi di lapangan bisa diminimalisasi.

Menurut Suparmi, saat ini tidak adanya sumber daya manusia (SDM) di perusahaan yang memahami pengembangan peternakan. Kondisi ini menjadi salah satu kendala kenapa program pengembangan ternak sapi sawit baru dilakukan oleh beberapa perusahaan.

“Selama ini, pihak perkebunan inti hanya memahami tentang perkebunan, belum memahami sektor peternakan, sehingga program ini belum bisa berkembang dengan baik,” katanya kepada apahabar.com, Kamis (9/9).

Ke depan, terang Suparmi, melalui bantuan berbagai pihak, pemerintah akan mendorong pengembangan program tersebut melalui plasma.

“Kalau melalui plasma, pemerintah bisa melakukan sentuhan-sentuhan dan bimbingan terkait pengembangan sektor peternakan ini, karena plasma dikelola oleh rakyat,” terangnya.

Ia menambahkan, sebelumnya Kalsel telah mendapatkan bantuan program dari Indonesia Australia Commercial Cattle Breeding Program (IACCB) di dua lokasi, yaitu di kelompok tani Sungai Aris dan PT Buana Karya Bhakti.

Program tersebut, dinilai cukup berhasil dilaksanakan di dua lokasi tersebut. Ini terbukti dari sebelumnya hanya 300 ekor sapi yang dikembangkan, kini telah mencapai 1.500 ekor.

Keberhasilan perusahaan tersebut, kata dia, perlu direplikasi melalui program unggulan berbasis korporasi petani, dengan mengembangkan integrasi kelapa sawit-sapi yang melibatkan kelompok-kelompok tani ternak.

Selain itu, program tersebut juga menggandeng perguruan tinggi di Kalsel, seperti Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Uniska, juga SMK untuk terlibat langsung.

Saat ini, ternak sapi di Kalsel baru mencapai 148.026 ekor dengan potensi betina produktif sebanyak 51.647 ekor.

Jumlah betina produktif tersebut akan mampu meningkatkan angka kelahiran sekitar 36.152 ekor dalam satu tahun.

Sedangkan produksi daging Kalsel tahun 2020 untuk sapi potong sebanyak 6.661.770 kg atau setara 50.114 ekor. Dari jumlah tersebut, yang dipenuhi dari sapi lokal sebanyak 22.249 ekor. Sementara sisanya masih dipasok dari luar Kalsel.

Kalsel Percepat Program Swasembada Sapi Potong

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kehadiran PPTSB Kalsel Diharap Berperan dalam Pembangunan Daerah
apahabar.com

Kalsel

Kiai Maruf Dijadwalkan Tiba di Kalsel Sore Ini
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin Diminta Tak Jadi Ajang Pencitraan
apahabar.com

Kalsel

Pulang dari Banjarmasin, Pria Paruh Baya di Tapin Positif Covid-19

Kalsel

Cegah Narkoba, Polres Tabalong Tes Urine Puluhan Anggota
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Hebat di Alalak Tengah Diduga Dipicu Tungku Kayu
apahabar.com

Kalsel

Jelang UNBK 2019, Ini yang Dikhawatirkan SMA Negeri 11 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Masuk Bursa Calon Wawali Banjarmasin, Intip Respon Kepala Bappeda Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com