Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Mahasiswa KKN Unpar di Kapuas Dilatih Mengubin Padi

- Apahabar.com     Rabu, 8 September 2021 - 00:30 WITA

Mahasiswa KKN Unpar di Kapuas Dilatih Mengubin Padi

Mahasiswa KKN Universitas Palangka Raya, Kalteng, dilatih melakukan ubinan padi di Kelurahan Sei Pasah, Kapuas. Foto-Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah mahasiswa Universitas Palangkara (Unpar), Kalteng, yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kelurahan Sei Pasah, Kabupaten Kapus, dilatih cara melakukan ubinan padi, Selasa (7/9).

Ubinan adalah salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil tanaman padi yang akan didapat pada saat panen.

Pelatihan pengubinan yang diikuti mahasiswa KKN Unpar berlangsung di lahan Kelompok Tani Maju Bersama Kelurahan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir.

Pelatihan saat itu didampingi langsung oleh Lurah Sei Pasah, Bundal dan para mahasiswa dilatih oleh Mahendra, seorang petugas PPL Pertanian setempat.

Mahendra mengatakan, latihan pengubinan dilaksanakan di lahan hamparan tanaman padi seluas 3 hektar yang siap di panen. Pengubinan dilakukan untuk menentukan perkiraaan atau estimasi hasil panen padi per hektarnya.

“Jadi, supaya mahasiswa tahu bagaimana caranya mengubin dan bagaimana caranya memperkirakan hasil panen padi dalam satu hektarnya,” katanya di sela pelatihan.

Ditambahkan Mahendra, peralatan yang diperlukan untuk pengubinan terdiri dari kayu untuk patok, tali, meteran, alat panen padi dan timbangan untuk mengetahui berat padi yang dipanen pada saat pengubinan.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN, Dian Yossie Hetson, mengaku sangat senang mengikuti pelatihan pengubinan padi tersebut, sehingga mereka dapat mengetahui hasil padi yang di panen perhektarnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Lurah Sei Pasah dan PPL yang telah mengajari kami cara-cara pengubinan di sawah. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kami ke depannya,” pungkas Dian Yossie.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Bupati Berharap Pabrik Veneer di Barut Serap Tenaga Kerja Lokal
apahabar.com

Kalteng

Kobar Tambah 7 Positif Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Akhiri Persaingan, Agustin Teras Narang Minta Jokowi Segera Umumkan Lokasi Ibu Kota RI
apahabar.com

Kalteng

Kecelakaan Maut Anggota DPRD Banjarmasin di Kalteng, Polisi Tegaskan Tak Pandang Bulu
apahabar.com

Kalteng

Pansus Hak Interpelasi DPRD Kapuas Kalteng Gulirkan Hak Angket
Satgas Saber Pungli

Kalteng

Satgas Saber Pungli Sambangi Dinas Dukcapil Kapuas, Ada Apa?
Pilgub

Kalteng

Link Live Streaming Debat Terakhir Pilgub Kalteng, Segera Mulai

Kalteng

Kapuas Mulai Berlakukan PPKM Mikro
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com