Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

Mahasiswa KKN Unpar di Kapuas Dilatih Tangani Karhutla

- Apahabar.com     Senin, 6 September 2021 - 20:38 WITA

Mahasiswa KKN Unpar di Kapuas Dilatih Tangani Karhutla

Mahasiswa KKN Unpar saat dilatih memadamkan kebakaran lahan. Foto-Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Belasan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Palangka Raya, Kalteng dilatih cara menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (6/9) sore.

Pelatihan berlangsung di lahan Kelompok Tani Maju Bersama Kelurahan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Dalam pelatihan tersebut mahasiswa KKN Unpar diajari cara memadapkan api kebakaran hutan dan lahan oleh Tim Masyarakat Peduli Api (MPA) Raja Mandak Kelurahan Sei Pasah.

Lurah Sei Pasah, Bundal, mengatakan pelatihan pemadaman Karhutla oleh Tim MPA kepada mahasiswa mulai dari teori hingga praktek lapangan.

“Praktek lapangan mulai dari menyiapkan mesin pompa air, menghidupkan mesin, menyiapkan selang air hingga penyemprotan ke titik api,” katanya didampingi Ketua MPA Raja Mandak Sei Pasah, Yanson.

Bundal berharap dengan adanya pelatihan penanganan Karhutla ini setidaknya para mahasiswa mengetahui cara-cara memadamkan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN Unpar, Tommy, sangat berterima kasih kepada Lurah Sei Pasah bersama Tim MPA Raja Mandak yang telah mengajari pihaknya mengenai teknik memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Lurah Sei Pasah Bundal dan Tim MPA yang telah mengajari kami mulai dari menghidupkan mesin sampai memadamkan api Karhutla. Semoga ini bermanfaat buat kami ke depan,” pungkas Tommy.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Suap Oknum Anggota DPRD Kalteng, Tiga Petinggi Sinar Mas Dieksekusi ke Lapas Tangerang

Kalteng

Viral Pembunuhan Nenek di Sampit, Polisi Bekuk Pelaku
apahabar.com

Kalteng

Meski Agak Mahal, Gas Melon Masih Aman
apahabar.com

Kalteng

Setelah Jadi Parkir Mobil, Kini Water Front City Ditempati Becak Mangkal
apahabar.com

Kalteng

Asah Wawasan Kebangsaan, Kesbangpol Barut Gelar Lomba Cerdas Cermat
apahabar.com

Kalteng

Rapid Test Massal Gratis di Kumai, 1 Reaktif
apahabar.com

Kalteng

Stafsus Milenial Kepresidenan Optimistime Kerajinan Getah Nyahu Kalteng Tembus Pasar Ekspor
PDAM Kapuas

Kalteng

Peduli Korban Banjir Kalsel, PDAM Kapuas Bantu Air Bersih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com