Gelar Aksi Saat Jokowi ke Banjarmasin, BEM Kalsel: Hanya Kebetulan Kecelakaan Maut di Sepagar Kotabaru, 2 Orang Tewas di Tempat Besok Jokowi ke Tanbu, Pangdam VI Mulawarman Turun Cek Pasukan Datang ke Banjarmasin, Jokowi Bakal Disambut Unjuk Rasa Kedok Perusahaan Pinjol Kotabaru Terbongkar: Nagihnya Pakai Ancaman, Kantor Jadi Tontonan

Megah, Kaltim Bangun Rumah Sakit Mata Enam Lantai di Samarinda

- Apahabar.com     Sabtu, 25 September 2021 - 12:05 WITA

Megah, Kaltim Bangun Rumah Sakit Mata Enam Lantai di Samarinda

Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit mata di Samarinda, Kaltim. Foto-Antara

apahabar.com, SAMARINDA – Kalimantan Timur (Kaltim) bakal punya sakit mata. Saat ini bangunan enam lantai itu dibangun di Kota Samarinda.

Biaya rumah mata di Jalan M Yamin, Kota Samarinda, itu berasal dari APBD Kaltim 2021, sedangkan total anggaran sekitar Rp 80 miliar.

“Rumah Sakit Mata Provinsi Kalimantan Timur ini dibangun menggunakan APBD Tahun 2021 dengan nilai kontrak tahap pertama senilai Rp17,7 miliar,” kata Kepala Dinas PUPR dan Pera Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda saat menghadiri peletakan batu pertama seperti dilansir Antara, Sabtu (25/9).

Proyek rumah sakit mata ini dikerjakan oleh PT EN Handayani Group. Sedangkan pengawasan oleh PT Geomap Consultant International dengan anggaran Rp 861 juta. Sementara praperencanaan oleh CV Widya Aika dengan kontrak Rp 378 juta bersumber dari APBD-P 2020.

Rumah sakit ini akan dibangun enam lantai. Tahap pertama pekerjaan, meliputi struktur lantai 1 dan 2. Pekerjaan finising arsitektur berupa dinding dan partisi, lantai, plafon, kusen, sanitari, dan lainnya.

“Luas lahan keseluruhan 5.327 meter persegi. Lantai 1 untuk IGD, laboratorium, radiologi, farmasi, dan utilitas,” katanya.

Gubernur Kaltim Isran Noor melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung rumah sakit mata mengaku keberadaannya sangat diperlukan, untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Sebelumnya, pihaknya berencana merehab RSUD AWS. Namun dengan berbagai pertimbangan urung dilakukan.

Pembangunan rumah sakit dinilai penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya terkait dengan penyakit mata.

“Rumah sakit itu, kondisi sekarang dan nanti akan sangat diperlukan. Apalagi kata Menteri Kesehatan, Covid-19 ini masih akan berlangsung hingga lima tahun ke depan. Jadi rumah sakit seperti ini pasti sangat diperlukan,” kata Isran Noor.

Ia menyebut target selesai pembangunan rumah sakit dua tahun untuk kemudian dioperasikan.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19 Kaltim

Kaltim

Covid-19 Kaltim Terus Turun, Pasien Jalani Perawatan Tersisa 999 Orang

Kaltim

PNS DLH Kaltim Ditemukan Meninggal di Hari Lingkungan Hidup Sedunia
apahabar.com

Kaltim

40 Transmigran di Kaltim Dijatah 2 Hektar Lahan per Orang
Salat

Kaltim

MUI Balikpapan Kupas Peniadaan Salat Jumat Selama PPKM Darurat
penculikan anak

Kaltim

Terpantau CCTV, ZR Diantar Pria Berseragam Ojol ke Musala Al Barokah Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Pandemi Covid-19, Penajam Bantu 2.378 Warga Terdampak

Kaltim

Bertambah Lagi, 40 Warga Balikpapan Dikonfirmasi Terpapar Delta
Kantor Pajak Dirampok

Kaltim

Pegawai Kantor Pajak Dirampok: Wajah Lebam, Leher Diancam Pisau
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com