Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Nahas, Helikopter Kemenhub Jatuh di Bandara Budiarto Tanggerang

- Apahabar.com     Senin, 13 September 2021 - 19:22 WITA

Nahas, Helikopter Kemenhub Jatuh di Bandara Budiarto Tanggerang

Helikopter tipe Bell 429 PK-CAW milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kemenhub terguling di landasan Bandara Budiarto Curug, Kabupaten Tangerang. Foto-Istimewa via Antara

apahabar.com, TANGGERANG – Pesawat latih tipe Bell 429 PK-CAW mengalami kecelakaan di Bandara Budiarto, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, sekira pukul 10.25 WIB.

“Sekitar pukul 10.25 WIB. Heli saat itu sedang melakukan kegiatan pelatihan rutin,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irwati di Tangerang, Senin (13/9) dilansir Antara.

Ia menjelaskan, dalam kejadian jatuhnya helikopter tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja kondisi pada heli mengalami kerusakan cukup parah.

Selain itu, pada pengoperasian penerbangan helikopter diawaki oleh tiga kru yang terdiri dari pilot, co pilot dan teknisi.

“Pilot, co pilot dan teknisi dalam kondisi selamat dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini pihak Inspektur Penerbangan Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta Tangerang sedang melakukan pengecekan dan investigasi terkait penyebab kecelakaan helikopter tersebut.

“Pihak investigator KNKT sedang berada di lokasi kejadian untuk investigasi awal,” kata dia.

Masalah Teknis

Polda Metro Jaya menyebut masalah teknis sebagai penyebab jatuhnya helikopter Bell 429 PK-CAW milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kemenhub di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang, pada Senin sekitar pukul 10.25 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebut helikopter berada pada ketinggian sekitar 100 meter ketika mengalami masalah saat melakukan kalibrasi mesin.

“Pada saat cek kalibrasi mesin flight kemudian baru terbang 100 meter ada trouble mesin sedikit,” kata Yusri saat dikonfirmasi, di Jakarta, Senin.

Menurut keterangan pilot helikopter tersebut, kata Yusri, saat helikopter hendak melakukan pendaratan darurat, helikopter tersebut terhempas oleh angin kencang.

“Ini keterangan awalnya saja, bahwa baru terbang 100 meter ada gangguan mesin sedikit pada saat turun itu angin sangat kencang sehingga terhempas. Itu aja sementara,” jelasnya.

Lebih lanjut Yusri mengatakan penyebab pasti jatuhnya helikopter tersebut akan disampaikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) setelah dilakukan investigasi.

“Tapi kan hak yang lebih tahu ada KNKT,” pungkasnya.

Pada kesempatan terpisah Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati juga menyatakan semua orang yakni pilot, co-pilot dan teknisi selamat dari insiden kecelakaan tersebut.

“Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Kru penerbangan yang terdiri dari pilot, co-pilot dan teknisi dalam kondisi selamat dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan,” kata Adita dalam keterangan tertulis, Senin.

Saat ini pihaknya juga telah melakukan penyelidikan awal untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan tersebut.

“Saat ini Inspektur Penerbangan Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soetta dan investigator KNKT sedang berada di lokasi kejadian untuk investigasi awal,” terangnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Alpianoor Bisa Cetak KIS Berkat Mobile Customer Service BPJS Kesehatan Barabai

Borneo

Mualim 1 Ditemukan, Operasi SAR TB Fortunesius Clear
covid-19 kotabaru

Tak Berkategori

Kasus Covid-19 Kotabaru Melonjak, 71 Orang Terpapar!
apahabar.com

Tak Berkategori

Mantap! Dua Bulan Beroperasi, Siwalk Food Court Siring Laut Raup Rp 1 Miliar Lebih

Tak Berkategori

Cegah Covid-19, Babinsa Koramil 08/Mantangai Bagikan Perlengkapan Prokes
apahabar.com

Tak Berkategori

Fenomena Hujan Es di Long Ikis Peser, Begini Penjelasan BMKG
apahabar.com

Tak Berkategori

Pilpres AS 2020, Jelang Lengser Trump Pecat Menhan AS! Tempatkan Loyalis Isi Jabatan Pentagon
apahabar.com

Tak Berkategori

Riam Bajandik, Menikmati Sensasi Sejuknya Air Sungai Wake
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com