Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Panen Raya Jagung Nusantara di Tapin, Perusahaan Langsung Beli Hasil Panen

- Apahabar.com     Rabu, 29 September 2021 - 20:00 WITA

Panen Raya Jagung Nusantara di Tapin, Perusahaan Langsung Beli Hasil Panen

Bupati Tapin HM Arifin Arpan (tengah) menunjukkan hasil panen raya jagung Nusantara di Desa Tandui Tapin Selatan. Foto-Humas Pemkab Tapin

apahabar.com, RANTAU – Bupati Tapin, HM Arifin Arpan melakukan panen raya jagung nusantara secara virtual bersama Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, di lahan rawa lebak Desa Tandui, Kecamatan Tapin Selatan.

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, menyampaikan bahwa luasan lahan tanam jagung hibrida Kabupaten Tapin luas Tanam mencapai 1.320 hektare luas panen 558 hektar.

“Panen raya jagung hibrida di Desa Tandui, Kecamatan Tapin Selatan seluas 500 hektaran dan untuk produksi jagung hibrida 2.829 ton dengan produktivitas 50.7 kuintal per hektare,” ungkapnya, Rabu (29/9) siang.

Adapun untuk pemasaran petani langsung menjualnya ke perusahaan PT Comfeed Pelaihari setelah melakukan panen.

“Jadi hasil panen jagung hibrida langsung di beli PT Comfeed Pelaihari,” ujarnya.

HM Arifin Arpan mengatakan sumber bantuan benih jagung hibrida dari APBN 16.350 ton untuk ditanam di lahan seluas 1.090 hektare dan APBD 6 ton untuk dilahan 400 hektare.

“Selanjutnya rencana tanam kembali bulan Oktober-Desember 2021 seluas 224 hektare dan bulan Januari-Maret tahun 2022 seluas 750 hektare,” tambahnya.

Diketahui, pengembangan tanam jagung hibrida di Tapin ada di wilayah Kecamatan Tapin Selatan, Bungur, Piani, Hatungun, Binuang dan Salam Babaris dengan total luas lahan 1.490 hektare.

“Dengan potensi tersebut, saya berharap kepada Kementrian pertanian agar dapat memberikan bantuan selain bibit, dan pupuk juga dapat memberikan alsintan, sehingga saat pembukaan lahan baru lebih mudah,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, Syamsir Rahman, mengatakan Kalsel akan berkomitmen untuk mengembangkan jagung hibrida di Kabupaten Tapin.

Karena sejauh ini bantuan telah banyak diberikan kepada Kabupaten Tanah Laut. “Setelah pengembangan di Kabupaten Tanah Laut sekarang akan kami fokuskan ke Kabupaten Tapin,” ucapnya.

Terkait dengan pabrik pakan, dirinya nanti akan berkoordinasi dengan Kementrian tata cara bagaimana agar di Kabupaten Tapin dapat dibangun pabrik pengolahan jagung hibrida.

Panen Raya Jagung

Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat diwawancarai awak media. Foto-Humas Pemkab Tapin

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Tapin

Pemkab Tapin

Pemkab Tapin Gelar Apel Peningkatan Disiplin ASN, Simak Pesan Sekda Masyraniansyah

Pemkab Tapin

Bupati Tapin Apresiasi Perusahan Tambang Bangun Underpass
Pemkab Tapin

Pemkab Tapin

Rakor Pemkab Tapin dan BPJS Kesehatan Barabai Komitmen Tingkatkan Pelayanan
Pandemi Covid-19

Pemkab Tapin

Pemulihan Situasi Pandemi Covid-19, Sekda Tapin Minta Cairkan Dana Tepat Waktu
Bupati Tapin

Pemkab Tapin

Apel Gabungan Siaga Bencana, Simak Pesan Bupati Tapin

Pemkab Tapin

Resmi, Pemkab Tapin Luncurkan Logo Harjad Ke-56
De'Sa Adminduk Disdukcapil

Pemkab Tapin

Bupati Tapin Hadiri Peluncuran Program Inovasi De’Sa Adminduk Disdukcapil
Atlet Tapin

Pemkab Tapin

Dilepas Bupati, Berikut Atlet Tapin Wakili Kalsel di PON Papua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com