Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Pekan Depan, Pemerintah Putuskan Kehadiran Penonton di PON Papua

- Apahabar.com     Sabtu, 18 September 2021 - 19:57 WITA

Pekan Depan, Pemerintah Putuskan Kehadiran Penonton di PON Papua

Seremonial peresmian venue PON XX Papua. Foto: Papua.go.id

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan bahwa keputusan perihal ada atau tidaknya penonton di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua akan ditetapkan pekan depan.

Keputusan itu akan ditetapkan dalam rapat kabinet terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

Menurut Zainudin, pemerintah dan panitia penyelenggara saat ini masih mengkaji kemungkinan PON Papua dihadiri penonton di stadion. Cakupan vaksinasi di empat klaster PON, kata dia, akan menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan nanti.

“Memang sekarang sedang kami lakukan pengkajian karena syaratnya [masyarakat] harus divaksin. Arahan pak presiden, beliau meminta untuk segera digencarkan vaksinasi Covid-19 khususnya yang ada di empat klaster, itu juga akan menentukan [keputusan],” kata Zainudin dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu (18/9) dilansir Antara.

“Mungkin pekan depan saat rapat kabinet akan lebih dipastikan. Kalau iya [dengan penonton] maka berapa persennya itu akan ditentukan dan tentu persyaratannya sangat ketat,” ujarnya menambahkan.

Berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, hingga September rata-rata cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di empat klaster PON saat ini sudah di atas angka 50 persen, sedangkan dosis kedua di atas 30 persen.

Kendati begitu, sejumlah kontingen PON saat ini telah tiba di Papua meski upacara pembukaan masih dua pekan lagi, bahkan beberapa cabang olahraga sudah menggelar test event jelang PON.

Sejumlah pertandingan bakal bergulir sebelum upacara pembukaan PON Papua pada 2 Oktober, seperti sofbol putra, polo air, bisbol, paralayang, dan wushu.

Selain itu ada juga cabang olahraga ekshibisi, seperti esport, triathlon, selancar ombak, hapkido, kick boxing, dan kabaddi.

Zainudin mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo rencananya bakal membuka langsung PON Papua pada 2 Oktober mendatang.

“Jadi saya menyampaikan tidak perlu ada kekhawatiran berlebihan karena Papua sudah siap dan PON ini bagi masyarakat Papua adalah kebanggaan dan harga diri buat mereka,” pungkas Zainudin.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sport

Dibantai PSG di Liga Champions, Dua Pemain Barcelona Adu Mulut
Euro

Sport

Jerman Bertemu Inggris di Babak 16 Besar, Warganet: Memang Disengaja
apahabar.com

Sport

Percayakan Skuat Muda, Juara Bertahan Komic FC Harus Rela Berbagi Poin Sama
apahabar.com

Sport

Link Live Streaming Mola TV, Norwegia vs Serbia, Bertumpu Ketajaman Erling Halaand
apahabar.com

Sport

Jalan Terjal MU di Liga Champions
apahabar.com

Sport

Bayern Juara, Lewandowski Top Skor Akhiri Dominasi Ronaldo-Messi Kurun 12 Tahun
apahabar.com

Sport

Sembuh dari Covid-19, Xavi Comeback Latih Al-Sadd
Ilham Udin Armaiyn terbaring di lapangan SDL Martapura

Sport

Hari Kedua Latihan di Barito Putera, Ilham Udin Armaiyn Terpaksa Menepi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com