Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Pemerintah Barito Utara Hendaknya Genjot Penggalian PAD

- Apahabar.com     Minggu, 26 September 2021 - 17:05 WITA

Pemerintah Barito Utara Hendaknya Genjot Penggalian PAD

Anggota DPRD Barito Utara, Henny Roesgiarty Rusli. Foto-Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Belum maksimalnya pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun sebelumnya membuat DPRD Barito Utara mewanta-wanti agar hal itu bisa diperbaiki pada tahun yang akan datang.

Legislator DPRD Barito Utara, Henny Roesgiarty Rusli mengatakan bahwa perlu kesungguhan dan kerja keras untuk meningkatkan PAD terutama mencari sumber-sumber baru.

Pemerintah daerah harus pintar menggali PAD terutama yang berpotensi, karena salah satu ketentuan kenaikan APBD di ukur dari PAD nya.

Namun begitu, perlu juga diperhatikan agar dalam usaha menaikan PAD jangan sampai menyalahi aturan atau ketentuan yang berlaku, oleh karenanya perlu pengkajian atau mencontoh daerah daerah yang PAD maju.

“Kalau pendapatan asli daerah besar tentu APBD juga besar dan pada nantinya kita tidak tergantung lagi dengan pusat, kita bisa mandiri dengan hasil pendapatan kita sendiri,” ucapnya.

“Kita jangan malu-malu untuk belajar dari daerah yang mempunyai PAD besar, namun satu hal yang penting diingat adalah agar dalam pola pencapaiannya tetap berdasarkan kearifan lokal. Jangan terlalu memaksakan karena akan berakibat kurang baik bagi perkembangan pembangunan kedepannya.”

Boleh saja mencari atau merumuskan pola celah PAD, sambungnya. Namun jangan lupa selalu ada keterkaitannya dengan perkembangan di masa depannya. Dann yang pasti, kata Henny, jangan membawahi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat meski mempunyai otonomi daerah.

“Jangan karena mengejar PAD yang pada akhirnya mengusik para investor sehingga mereka merasa keberatan dan pada akhir mencabut investasinya di daerah kita,” tegas anggota dewan dari PDIP ini.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Barut

Legislator Barut Beber Pentingnya IT untuk Kemajuan Daerah

DPRD Barut

Anggota DPRD Barut Sebut Pembangunan Bidang Pertanian Sangat Krusial
Barito Utara

DPRD Barut

Kerukunan Antar Umat Beragama di Barito Utara Terus Ditingkatkan
Barito Utara

DPRD Barut

Terancam Hilang Lahan, Pertemuan Segi Tiga Bahas Masalah Tata Batas di Barito Utara

DPRD Barut

Anggota DPRD Barut Dorong Pemerintah Tertibkan Bangunan Liar
Sidang Paripurna

DPRD Barut

Sidang Paripurna, Dewan Barut Dengarkan Rancangan Perubahan KUA
apahabar.com

DPRD Barut

Studi Banding Refocusing, DPRD Barut ke Pemkot Palangka Raya
Srikandi DPRD Barut

DPRD Barut

Srikandi DPRD Barut Tekankan Prioritas Pembangunan Pendidikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com