Asyik Belanja di Ramayana Banjarmasin, Pelaku Gendam ATM Dingkus Polisi Viral Perkelahian Massal di Siring Banjarmasin: 14 Remaja Diamankan, 1 Bocah SD Siap Siap! Distribusi Air Bersih Sejumlah Wilayah Banjarmasin Terganggu Siang ini Jembatan Alalak Hanya Riak, Habib Banua: Aspirasi Besar Kalsel Adalah Otonomi Khusus Berkuasa, Taliban Buru Harta Karun Paling Berharga Afganistan

Pemerintah Berusaha Bergerak Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Mu

- Apahabar.com     Selasa, 7 September 2021 - 21:47 WITA

Pemerintah Berusaha Bergerak Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Mu

Model 3-D virus corona (COVID-19). Foto-ilustrasi/Reuters

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, saat ini pemerintah tengah bergerak cepat dalam mengantisipasi masuknya virus Covid-19 varian Mu ke Tanah Air.

Salah satunya dengan meningkatkan pengawasan di seluruh area pintu masuk ke Indonesia dari luar negeri.

“Pemerintah bergerak cepat dan tepat untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 varian atau B.1.621. Semua ini dilakukan agar Indonesia tidak mengalami gelombang ketiga Covid-19,” ujar Johnny, kutip Liputan6.com, Selasa (7/9/2021).

Menkominfo memastikan bahwa pengawasan dilakukan di bandara dan pelabuhan. Whole genome sequencing juga dilakukan kepada seluruh WNI atau WNA yang memiliki riwayat perjalanan ke negara dengan tingkat penyebaran varian Mu tinggi, seperti Kolombia, Jepang, India, Hongkong, dan Ekuador.

Whole genome sequencing merupakan upaya untuk mengetahui penyebaran mutasi virus SARS-Cov2 atau Covid-19.

Sementara itu, pada Senin 6 September kemarun dilaporkan, varian Mu telah ditemukan di 46 negara. Namun, varian ini belum ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Varian MU sebagai Varian of Interest (Vol)

Hingga kini, lanjut Menkominfo, WHO mengkategorikan varian Mu sebagai Variant of Interest (Vol) atau varian yang perlu kajian lebih lanjut terkait dampak dalam penularan dan tingkat laju penularannya.

Menkominfo juga menyebutkan bahwa pemerintah mendorong seluruh pemangku kebijakan di daerah untuk mendukung pemeriksaan whole genome sequencing dengan mengirimkan sampel. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses analisis dan pemeriksaan.

“Pemerintah minta masyarakat untuk tak terjebak euforia penurunan kasus harian Covid-19 dan pembukaan di beberapa sektor secara gradual, karena potensi masuknya varian baru tetap ada. Seluruh masyarakat Indonesia harus tetap waspada dan disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menyegerakan vaksinasi bagi yang belum,” ujar Johnny.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

sriwijaya jatuh

Nasional

Diduga Korban Sriwijaya Jatuh, Bos Soto Banjar sedang Hamil 5 Bulan
Covid-19

Nasional

Tambah 4.490, Penyintas Covid-19 di RI Jadi 510.000 Orang
apahabar.com

Nasional

Sri Mulyani: Investor Incar Data Konsumen dari Unicorn
Papua

Nasional

Tepis Pemberitaan Dirinya Diserang, Kapolda Papua: Itu Budaya
apahabar.com

Nasional

Cuncung Sumbang Ratusan Lembar APD untuk Pejuang Kesehatan di Kotabaru
PPKM

Nasional

PPKM Darurat Siap Diterapkan, Mendagri: Jangan Panik!
apahabar.com

Nasional

Erick Thohir Tunjuk DarmawanPrasodjo Jabat Wadirut PLN?
Ali Kalora

Nasional

Buru Ali Kalora, Pasukan TNI AD dan Marinir Diterjunkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com