Pemukiman Warga Danau Rangas Palangka Raya Kini Jadi Daerah Banjir Terparah Duh, Petugas Dishub Palangka Raya Dipukul Gegara Tertibkan Jukir Liar Tugu Soekarno Azis Syamsuddin Tersangka Dugaan Suap Terancam Hukuman Hanya 5 Tahun Penjara Jadi Tersangka, Azis Syamsuddin Diduga Suap Mantan Penyidik KPK Rp 3,1 Miliar Bukti Cukup, KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Tersangka Suap

Pemkab Tanbu Berupaya Jadi Penyelenggara Kabupaten Layak Anak

- Apahabar.com     Rabu, 15 September 2021 - 12:02 WITA

Pemkab Tanbu Berupaya Jadi Penyelenggara Kabupaten Layak Anak

Ilustrasi Kabupaten Layak Anak. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu terus berupaya menjadikan daerahnya sebagai penyelenggara Kabupaten Layak Anak (KLA).

Upaya tersebut dilaksanakan karena memang sudah termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

Saat ini pemerintah daerah bersama DPRD Tanah Bumbu sudah melakukan pembahasan-pembahasan melalui paripurna tentang Raperda Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) tersebut.

Bupati Tanah Bumbu, H M Zairullah Azhar, melalui Asisten III, Andi Aminuddin, menyampaikan bagaimana upaya pemerintah daerah dalam Pemenuhan Hak Anak.

“Pemenuhan Hak Anak yang meliputi 5 klaster dilaksanakan oleh perangkat daerah yang masuk dalam tim gugus tugas KLA,” ungkap Andi Aminuddin, saat paripurna dewan, kemarin.

Untuk pemenuhan itu, pemerintah daerah juga akan menyiapkan lembaga konsultasi keluarga (PUSPAGA), layanan terpadu tumbuh kembang anak secara holistic integrative di desa (Posyandu, BKB, dan Paud). Serta menyiapkan layanan Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak.

Andi Aminuddin juga membeberkan bagaimana kesiapan pemerintah daerah dalam membangun sarana dan prasarana daerah yang mampu memenuhi kebutuhan dasar anak untuk tumbuh berkembang secara optimal dan menciptakan rasa aman, ramah dan bersahabat dan juga untuk melindungi anak dari ancaman permasalahan sosial dalam kehidupannya.

Ia mengatakan pemerintah daerah menyiapkan sarana dan prasarana di antaranya dengan cara menjadikan sarana dan prasarana yang ada menjadi ramah anak.

“Sekolah Ramah Anak, Rumah Sakit dan Puskesmas Ramah Anak, Ruang Bermain Ramah Anak, Transportasi Ramah Anak, Zona Aman dan Zebra Cross di depan sekolah dan tempat-tempat umum lainnya,” terangnya.

“Kemudian juga mengajak pelaku dunia usaha dan media untuk berpartisipasi dalam pemenuhan sarana dan prasarana ramah anak di wilayah kerjanya,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Asyik Nyabu Bareng, Sopir dan Pengangguran di Tanbu Diciduk Polisi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Gelar Safari Ramadan ke Desa Jombang, Warga Minta Jalan Diperbaiki 
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Raih Piala Adipura, Pemkab Tanbu Gelar Syukuran
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Via e-Sport, IESPA Tanbu Berkompetisi Sambil Beramal
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Update Pagi: Positif Covid-19 di Tanbu Bertambah 4 Orang
apahabar.com

Nasional

Cuncung Syafruddin H Maming, Wujudkan Jembatan Kotabaru – Batulicin dan Jalan Tol Batulicin – Banjarmasin (bagian 2 habis)
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sistem RAPEL, Proses Rekonsiliasi Belanja dan Pendapatan Selesai Satu Hari
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Hadirkan Sentra UMKM dan Pusat Kuliner, Hipmi Tanah Bumbu Gandeng Perbankan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com