Pemukiman Warga Danau Rangas Palangka Raya Kini Jadi Daerah Banjir Terparah Duh, Petugas Dishub Palangka Raya Dipukul Gegara Tertibkan Jukir Liar Tugu Soekarno Azis Syamsuddin Tersangka Dugaan Suap Terancam Hukuman Hanya 5 Tahun Penjara Jadi Tersangka, Azis Syamsuddin Diduga Suap Mantan Penyidik KPK Rp 3,1 Miliar Bukti Cukup, KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Tersangka Suap

Pengadilan Agama Amuntai Buka Balai Sidang di Balangan

- Apahabar.com     Kamis, 9 September 2021 - 21:54 WITA

Pengadilan Agama Amuntai Buka Balai Sidang di Balangan

Wakil Bupati, Supiani resmikan gedung Balai Sidang Pengadilan Agama Amuntai. Foto: Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Hingga saat ini, warga Kabupaten Balangan yang berurusan perkara di pengadilan agama, seperti perceraian, warisan dan sebagainya, harus menempuh perjalanan jauh ke Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Karena hingga saat ini, Kabupaten Balangan hingga saat ini belum memiliki pengadilan agama sendiri.

Sedangkan berdasarkan data yang dihimpun dari Pengadilan Agama Amuntai, jumlah perkara keagamaan yang pihaknya tangani 40 persennya merupakan dari warga Balangan.

“Sidang keliling pun cuma kita gelar empat kali dalam setahun, yang langsung ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Balangan,” ujar Ketua Pengadilan Agama Amuntai, Rusdiansyah.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, H Helmy Thohir, mengungkapkan sampai sekarang proses pengadaan pengadilan agama di Kabupaten Balangan sedang dalam proses.

“Alhamdulillah setelah sepuluh tahun pengusulan, sekarang pengadaan PA Balangan menjadi prioritas utama. Usulannya sendiri sudah sampai di MA, tinggal nunggu Kepres keluar,” ujarnya, Kamis (9/9).

Untuk memperdekat pelayanan urusan agama bagi masyarakatnya, Pemkab Balangan meminjamkan satu gedung eks kantor Dinas Pariwisata di wilayah Perkantoran Tugu Maritam. Karena Dinas Pariwisata sendiri telah bergabung dengan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Sementara kita pinjamkan dulu, apakah gedung ini nanti yang akan dihibahkan akan kita bicarakan lebih lanjut bersama Bupati, dan tentunya apakah gedung ini memenuhi standar untuk PA atau tidak,” ujar Wakil Bupati Balangan, Supiani, di sela peresmian Balai Sidang Pengadilan Agama Amuntai di eks Kantor Dinas Pariwisata, Kamis (9/9).

Terkait peminjaman gedung ini, Ketua Pengadilan Agama Amuntai, Rusdiansyah, sangat menyambut baik dukungan Pemkab Balangan.

Rusdiansyah berharap dengan keseriusan Pemkab Balangan dalam pengadaan PA Amuntai melalui peminjaman gedung ini, proses pengadaan PA Balangan bisa semakin cepat.

“Dengan adanya tempat untuk Balai Sidang di sini, kita akan membuka proses sidang seminggu sekali, rencananya setiap hari Kamis,” ucapnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Kalsel

Dugaan Pemalsuan Dokumen Petinggi KPU Banjar Bergulir di Polda Metro Jaya

Kalsel

Ditutup Selama Pandemi, Sejumlah Fasilitas Publik di Siring Menara Pandang Banjarmasin Lenyap
Bantuan BPJS Kesehatan

Kalsel

“Ditalak’ Batola, BPJS Dinilai Terlalu Birokratis
apahbar.com

Kalsel

Dampak Pipa PDAM Bandarmasih Bocor, Distribusi Air Bersih Diprediksi Lancar Rabu
apahabar.com

Kalsel

Begini Tanggapan Acil Ida, Setelah Video Memasaknya Viral
apahabar.com

Kalsel

Tantang Paman Birin, Gerindra Kalsel Inginkan Julak Abidin
apahabar.com

Kalsel

Kondisi Terbaru, Bocah 125 Kg Tanah Laut Mulai Gerakkan Kaki dan Tangan
apahabar.com

Kalsel

Paman Birin Cetok 4 Gol di Laga Persahabatan Melawan Tim Pemkab Tanah Laut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com