Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Polisi Selidiki Dugaan Pungli IMB Melibatkan Oknum Satpol PP Banjar

- Apahabar.com     Kamis, 23 September 2021 - 21:30 WITA

Polisi Selidiki Dugaan Pungli IMB Melibatkan Oknum Satpol PP Banjar

Kasat Reskrim Polres Banjar, IPTU Fransiskus Manaan. Foto-apahabar.com/HendraLianor

apahabar.com, MARTAPURA – Kasus dugaan pungli izin membangun (IMB) yang diduga dilakukan oknum Satpol PP Kabupaten Banjar, kini dalam proses penyelidikan Satreskrim Polres Banjar.

“Kasusnya dilaporkan ke kita, dan sekarang penanganan masih tahap penyelidikan,” ujar Kasat Reskrim Polres Banjar IPTU Fransiskus Manaan, Kamis (23/9).

Ia melanjutkan, sudah melakukan pemanggilan oknum terduga Satpol PP. “Nanti akan kita sampaikan lagi kelanjutannya,” ucap Kasat Reskrim.

Untuk diketahui, terkuaknya dugaan pungli IMB ini setelah dua warga Tanjung Rema Darat, Martapura mengadu ke DPRD Banjar pada 28 Juli 2021 lalu. Ia mengaku menjadi korban pungli IMB, dengan meminta uang sekitar Rp3,5 juta

Dalam proses perjalanannya, pihak inspektorat langsung turun tangan dan memanggil sejumlah nama terkait dugaan pungli IMB ini, yakni 2 orang dari pihak Kelurahan Tanjung Rema Darat, 1 orang anggota Satpol PP berstatus pegawai tidak tetap (PTT), serta anggota Satpol PP yang PNS. Tak ketinggalan warga yang dirugikan juga turut dipanggil.

Pada 19 Agustus 2021, Satpol PP mengeluarkan surat pemecatan tidak terhormat kepada anggotanya yang berstatus PTT berinisial TF tersebut. Surat bernomor 1331.1/862/300/Satpol-PP itu ditandatangani Plt Kasatpol PP Banjar, HM Aidil Basith.

Dikonfirmasi terkait hasil pemanggilan sejumlah pihak terkait beberapa waktu lalu itu, Inspektur Satu, Yusna Gunani menjelaskan, pihaknya hanya mendapat data awal yang kemudian dilanjutkan di kepolisian.

“Data awal itu sifatnya indikasi saja, dan perlu pendalaman. Nanti pihak kepolisian yang detailnya,” ujar Yusna, Rabu (22/9).

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Martapura

Kabupaten Banjar

Banjir di Martapura, Warga Labuan Tabu Minta Pemkab Banjar Tinggikan Jalan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kepung Anak Funk di Martapura, Satpol PP Malah Dapat Bocah Pengamen
Ponpes Darussalam

Kabupaten Banjar

Adu Banteng di Pertigaan Ponpes Darussalam Martapura, Yamaha R-1 dan Satria Fu Hancur Berantakan

Kabupaten Banjar

Pascapemakaman Istri Abah Guru Sekumpul, Kondisi Jalan Kembali Normal
Barbuk Batu Bara PT AGM

Kabupaten Banjar

Polres Banjar Selidiki Hilangnya Barbuk Ribuan Ton Batu Bara di PT AGM
Monyet

Kabupaten Banjar

Lagi, Monyet Serang Warga di Martapura, Anak Kecil Jadi Korban

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Launching Lapor Manis, Masyarakat Bisa Kirim Keluhan Terkait Pelayanan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Puluhan Kepala Keluarga di Kabupaten Banjar Terima BLT Dana Desa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com