Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Presiden Jokowi: Siapkan Transisi dari Pandemi ke Endemi

- Apahabar.com     Sabtu, 11 September 2021 - 11:41 WITA

Presiden Jokowi: Siapkan Transisi dari Pandemi ke Endemi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Yogyakarta, Kabupaten Bantul. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan memulai proses transisi dari pandemi ke endemi.

Presiden Jokowi menegaskan, bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat, maka dari itu masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut.

“Kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid,” ujar Presiden Jokowi usai meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dalam siaran pers BPMI Sekretariat Presiden, Jumat (10/9) kemarin.

Namun Presiden Jokowi tetap mengingatkan agar masyarakat tidak euforia berlebihan dan abai akan protokol kesehatan utamanya memakai masker.

“Ini penting saya sampaikan agar kita tidak euforia yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan, karena kita semuanya, masyarakat harus sadar bahwa Covid selalu megintip kita sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan terutama memakai masker,” jelas Presiden Jokowi.

Dihubungi secara terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa dalam masa transisi ini masyarakat sudah dapat memulai beraktivitas dengan menyesuaikan level PPKM di daerah masing-masing.

“Masyarakat juga harus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan juga segera divaksinasi bagi yang belum. Testing, Tracing, Treatment termasuk isolasi terpusat harus digalakkan agar identifikasi potensi kasus baru dapat segera dimitigasi,” ucap Menkes di Jakarta, Jumat (10/9).

Selain itu, Menkes mengatakan bahwa hidup bersama dengan Covid-19 merupakan kenyataan yang harus dihadapi bersama.

“Setelah mendengarkan masukan dari para epidemiolog yang mengingatkan bahwa covid tidak akan hilang dalam waktu dekat. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden untuk bersiap hidup bersama Covid, menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan vaksinasi merupakan kunci dalam mengendalikan covid ini,” ucap Menkes Budi Gunadi.

Presiden Jokowi

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jelang Haul Guru Sekumpul, Jalur Alternatif Sungai Bamban Mulai Padat
apahabar.com

Nasional

Kabar Gembira, Indonesia Mulai Produksi Vaksin Covid-19 Tahun Depan
KPC-PEN

Nasional

Dialog KPC-PEN Bedah Peran Penting Perempuan di Masa Pandemi
apahabar.com

Nasional

93 Kematian Baru di Hubei Akibat Virus Corona
apahabar.com

Nasional

Ikatan Khatib akan Berlakukan Dai Bersertifikat
apahabar.com

Nasional

Polisi Sebut Ambulans Nyaris Tabrak Petugas Diduga Pasok Batu ke Pedemo
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Positif 17.025, Pasien Sembuh 3.911
apahabar.com

Nasional

Beri Efek Positif ke Kalimantan, NasDem Dukung Pemindahan Ibu Kota
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com