Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan Tarif PCR Turun Jadi Rp300 Ribu, Kadinkes Kalsel: Kita Masih Tunggu Jokowi Pinta Harga PCR Rp 300 Ribu, Banjarmasin Siapkan Sanksi

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Las di BLK Tanbu

- Apahabar.com     Selasa, 21 September 2021 - 18:19 WITA

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Las di BLK Tanbu

Asisten Bupati, Rahmat Prapto Udoya, didampingi Kepala Disnakertranskop UM dan Plt Kepala BLK Tanbu. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar kegiatan pelatihan pengelasan.

Kegiatan tersebut merupakan pelatihan berbasis kompetensi non boarding dengan menggunakan dana APBN 2021 yang didapat BLK Tanbu dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dengan peserta sebanyak 16 orang.

Program Pelatihan Pengelasan SMAW 3G ini adalah program pelatihan yang mempelajari tentang unit melakukan komunikasi timbal balik, mengidentifikasi prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3), dan kesehatan kerja di lingkungan kerja, mengukur dengan alat ukur mekanik dasar, membaca sketsa dan atau gambar kerja sederhana, penggunaan peralatan dan mesin mesin ringan.

Kemudian melaksanakan pemotongan secara mekanik, pelaksanakan pemotongan dengan gas, melaksanakan rutinitas (dasar) pengelasan dengan proses las busur manual, mengelas plat posisi di bawah tangan/flat dengan proses las busur manual, mengelas plat posisi mendatar/flat horizontal dengan proses las busur manual, mengelas dengan posisi 3G, membuat laporan, dan melakukan perhitungan dasar teknik.

Program Pelatihan Pengelasan SMAW 3G ini dilaksanakan selama 360 jam atau setara 40 hari dengan target peserta dapat bekerja sebagai juru las dan operator maintenance di dalam dunia industri.

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, melalui Asisten Perekonomian Pembangunan, Rahmat Prapto Udoyo, Selasa (21/9), mengapresiasi diselenggarakannya pelatihan tersebut.

Menurut Rahmat pelatihan itu penting dalam memberi modal bagi peserta dalam dunia kerja maupun usaha mandiri. Keahlian las juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena ada sertifikasinya.

“Kami berharap kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup, terutama dalam mengembangkan Tanah Bumbu maju, mandiri, unggul, religius dan demokratis,” ujarnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HUT Tanbu ke-17, DWP Bagikan Beras pada Tukang Becak di Kusan Hilir

Pemkab Tanah Bumbu

HUT Tanbu ke-17, DWP Bagikan Beras pada Tukang Becak di Kusan Hilir
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Menuju Tanah Bumbu Hebat (4), Pelestarian Lingkungan Jadi Atensi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tekan Peredaran Narkoba, Iptu Frederikus Berikan Penyuluhan ke Masyarakat

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Kembali Gelar Vaksinasi Serentak, Ribuan Dosis Disediakan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Muspika Batulicin Sosialisasikan Penanggulangan Penyebaran Covid 19
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Karhutla Menghilang, Puting Beliung Datang
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Baru Diaspal, Jalan Nasional di Angsana Retak dan Bergelombang
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Dinas Perikanan Tanbu Distribusikan 499 Paket Konversi BBM ke BBG
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com