Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Raperda Perubahan APBD Tabalong 2021 Disetujui Dewan, Sejumlah SKPD Ada Penambahan Anggaran

- Apahabar.com     Rabu, 8 September 2021 - 16:05 WITA

Raperda Perubahan APBD Tabalong 2021 Disetujui Dewan, Sejumlah SKPD Ada Penambahan Anggaran

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyampaikan sambutan pada paripurna DPRD Tabalong. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – DPRD Tabalong menggelar sidang paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir fraksi terhadap Raperda Perubahan APBD 2021 dan penyampaian penjelasan Bupati terhadap Raperda APBD 2022, Rabu (8/9).

Dalam paripurna itu, tujuh fraksi yang ada di DPRD menyatakan menerima dan menyetujui Raperda Perubahan APBD Tabalong 2021 untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Persetujuan tersebut terungkap dalam pemandangan akhir yang disampaikan masing-masing juru bicara fraksi yakni, Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat dan Fraksi Gabungan Nasdem PPP.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan antara pihak eksekutif dan legislatif.

Eksekutif langsung ditandatangani oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani. Sedangkan legislatif ditandatangani oleh Ketua DPRD Mustafa dan Wakil Ketua DPRD Jurni dan Habib Muhammad Taufan Al Kaff di ruang paripurna Graha Sekata.

Juru Bicara Badan Anggaran (Bangar) DPRD Tabalong, Dahli mengatakan, hasil pembahasan diperoleh pendapatan daerah sebesar Rp 1.465.733.251.135, belanja Rp 1.716.375.604.654, devisit Rp 250.642.353.519.

“Penerimaan Rp 250.642.353.519 dan pembiayaan netto Rp 250.642.353.519 dan Silpa Rp 0,” ucapnya saat menyampaikan laporan Bangar.

Kesimpulan sebut Dahli, Dinas Koperasi dan UKM bertambah Rp 4.800.000, Sekretariat Daerah bertambah Rp 483.000.000, Dinas Komunikasi dan Statistik bertambah Rp 719.900.054.

Dinas PUPR bertambah Rp 500.000.000, Dinas Perkim bertambah Rp 1.180.000.000, DLH bertambah Rp 350 juta, Sekretariat DPRD bertambah Rp 1.591.807.002, Dishub bertambah Rp 458.142.000.

Kemudian, Disdukcapil dan Disporapar masing-masing bertambah Rp 150 juta, Dinas Pertanian bertambah Rp 24 juta, Dinkes bertambah Rp 311.763.000, Dinsos bertambah Rp 190 juta, Satpol PP pagu tetap, tetapi terjadi pergeseran di sejumlah anggaran.

Kesbangpol bertambah Rp 61.670.000,BPKAD hanya pergeseran anggaran, Disperindag bertambah Rp 200 juta, DPMPD bertambah Rp 1,6 miliar (tambahan anggaran untuk TMMD).

Kecamatan Tanta, Kecamatan Jaro, Kecamatan Kelua, Kecamatan Muara Harus masing-masing bertambah Rp 7 juta untuk honor tim verifikasi dana desa.

“Kecamatan Banua Lawas bertambah Rp 107 juta untuk perbaikan wc di kantor kecamatan setempat dan honor tim verifikasi dana desa,” pungkas Dahli.

Sementara itu, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya atas nama pihak eksekutif dengan perasaan yang tulus ikhlas, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, terutama kepada pimpinan dan anggota dewan, atas terselenggaranya rapat panpurna dewan pada hari ini.

Berawal dari penjelasan pemerintah daerah dalam penyampaian terhadap Raperda Perubahan APBD Anggaran 2021 dalam rapat paripurna beberapa waktu yang lalu, dengan maksud untuk dikaji dan dibahas.

“Alhamdulillah maksud tersebut telah disambut baik dan terwujud, ini terbukti dewan telah menyikapinya dengan menjadwalkan rapat-rapat kerja, rapat komisi dan rapat fraksi bersama dengan eksekutif, yang hasiinya seperti dilaporkan oleh saudara pelapor. Tentunya terdapat masukan dalam rangka penyempurnaan dan perbaikan, khusus materi yang diatur,” katanya

“Sekali lagi apapun bentuk kesepakatan yang telah kita ambil, kami ucapkan terimakasih yang tulus dan tak terhingga serta penghargaan yang setinggrtingginya kepada dewan yang terhormat, yang telah menyampaikan laporan akhir,” imbuh Anang.

Anang bilang, tentunya terhadap pendapat, saran dan usul merupakan bahan masukan dan pertimbangkan dalam rangka pelaksanaan rancangan peraturan daerah tersebut.

“Atas raperda dimaksud akan segera kami tetapkan menjadi Perda setelah mendapatkan evaluasi dan nomor register dari Pemerintah Provinsi,” ucap Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Floating Pagi, Kapolresta Banjarmasin: PJU Polresta Banjarmasin Turun ke Lapangan
apahabar.com

Kalsel

Penerapan Kawasan Tanpa Rokok di HST Terkendala SDM dan Anggaran
apahabar.com

Kalsel

Di Kalsel, Angkutan Umum Boleh Beroperasi Saat PSBB
apahabar.com

Kalsel

Terancam Abrasi, Cagar Budaya Masjid Pusaka Banua Lawas Tabalong Perlu Antensi Serius
Banjarmasin

Kalsel

POPULER SEPEKAN: Muda-mudi di Kamar Hotel, hingga Viral Perampokan di 2 ATM Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Cabup Banjar Andin Sofyanoor Siap Prioritaskan Aksen Jalan Pertanian
apahabar.com

Kalsel

Juara MTQ Nasional ke-51 Tingkat Kota Wakili Banjarmasin ke Ajang Provinsi
apahabar.com

Kalsel

Nobar Debat, TKD Kalsel Yakin Jokowi Bakal Menang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com