Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan

Rencana Pemindahan Berlanjut, Surpres Terkait RUU IKN Kini Sudah Sampai ke DPR

- Apahabar.com     Rabu, 29 September 2021 - 21:51 WITA

Rencana Pemindahan Berlanjut, Surpres Terkait RUU IKN Kini Sudah Sampai ke DPR

Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Surat Presiden (Surpres) terkait Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) kini telah diterima Ketua DPR RI Puan Maharani.

Surpres diserahkan langsung Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9).

Puan mengatakan DPR RI sejalan dengan sikap pemerintah tentang perlunya memindahkan Ibu Kota Negara Republik Indonesia ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Pimpinan DPR menerima Menteri Sekretariat Negara dan Kepala Bappenas yang membawa Surat Presiden terkait Ibu Kota Negara. DPR sejalan dengan pemerintah tentang perlunya memindahkan ibu kota negara,” kata Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan, pemikiran tentang pemindahan IKN sudah pernah disampaikan Presiden Pertama RI Soekarno, untuk memindahkan IKN ke tempat yang lebih baik dan bermanfaat untuk menyejahterahkan masyarakat.

Puan berharap pemerintah dalam merencanakan pemindahan IKN harus bisa menyosialisasikan ke publik secara komprehensif perlunya pemindahan ibu kota dari sisi ekonomi, sosial, efektivitas pemerintahan, termasuk tahapan-tahapannya dan skema pembiayaannya.

“Mulai hari ini pemerintah diharapkan mulai mengkongkritkan dalam melakukan sosialisasi kepada publik terkait rencana pemerintah untuk melaksanakan pemindahan IKN,” ujarnya.

Menurut dia, dalam proses pembahasan RUU, DPR akan memperhatikan dan mempertimbangkan aspirasi serta masukan masyarakat.

Dia berharap RUU IKN tersebut dapat memenuhi kebutuhan atas ibu kota negara yang ideal dari semua sisi dan semua pemikiran dan pertimbangan yang ada.

“RUU IKN harus bisa dilengkapi dengan peraturan turunan secara komprehensif. Pembicaraannya harus melibatkan banyak pihak, bukan hanya pemerintah dan DPR, namun juga semua elemen bangsa dalam memberikan masukan,” tuturnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Najwa Shibab

Nasional

Najwa Shihab dan Cerita Kedekatannya dengan Dunia Literasi
apahabar.com

Nasional

Gara-Gara Petasan, Pemuda Situbondo Tewas Mengenaskan

Nasional

Sinovac Disebut Efektif Lawan Corona Varian Delta
apahabar.com

Nasional

Kapolri: Terduga Teroris di Sibolga Berafiliasi ISIS
Vaksin Nusantara

Nasional

Turki Pesan 5,2 Juta Vaksin Nusantara, Pemerintah Diminta Respons Cepat

Nasional

Isu Potensi Gempa Megathrust, Warga Diminta Tingkatkan Literasi Agar Tidak Kagetan
apahabar.com

Nasional

Pertamina Siapkan Tambahan Avtur di 12 Bandara Embarkasi Haji
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Siapkan Rp5,71 T untuk BLT Guru Honorer
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com