Asyik Belanja di Ramayana Banjarmasin, Pelaku Gendam ATM Dingkus Polisi Viral Perkelahian Massal di Siring Banjarmasin: 14 Remaja Diamankan, 1 Bocah SD Siap Siap! Distribusi Air Bersih Sejumlah Wilayah Banjarmasin Terganggu Siang ini Jembatan Alalak Hanya Riak, Habib Banua: Aspirasi Besar Kalsel Adalah Otonomi Khusus Berkuasa, Taliban Buru Harta Karun Paling Berharga Afganistan

Sekolah di Kapuas Serentak Laksanakan ANBK

- Apahabar.com     Senin, 13 September 2021 - 15:11 WITA

Sekolah di Kapuas Serentak Laksanakan ANBK

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat meninjau Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan di SMPN 3 Selat. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA.KAPUAS – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) serentak dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, Kalteng, Senin (13/9).

ANBK sendiri adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikburistek untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Salah satu sekolah di Kapuas yang melaksanakan ABNK adalah SMPN 3 Selat, dengan jumlah siswa yang mengikuti asesmen sebanyak 45 orang.

Asesmen nasional di sekolah itu pun berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang dipantau langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Suwarno Muriyat.

“ANBK di sekolah kami hari ini berjalan lancar. Untuk aliran listriknya juga aman, karena sudah kami naikan watt-nya dan wifinya juga sudah kami tingkatkan speednya,” kata Kepsek SMPN 3 Selat, Harini Irawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan, ANBK tidak seperti Ujian Nasional (UN), karena tidak diikuti oleh siswa tingkat akhir.

Siswa yang mengikuti ANBK adalah siswa kelas 5, kelas 8, dan kelas 11 yang dipilih secara acak oleh sistem dari kementerian.

“ANBK tahun ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan, sehingga kami sebelumnya telah melaksanakan trayout dengan mengandeng pihak ketiga. Mudah-mudahan dengan adanya tryout itu ABNK pada hari ini tidak ada kendala,” katanya.

Menurut Suwarno, ada 3 hal asesmen yang dilakukan pada peserta didik, yaitu kemampuan pada literasi, numerasi dan karakter.

“Diharapkan dengan ketiga itu dapat mengukur ketercapaian pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah. Selain siswa, guru juga diikutsertakan dalam asesmen ini,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Kalteng

Sempat Bikin Macet, Jalan Kereng Pangi Km 1,5 Kalteng Sudah Bisa Dilewati
Tabung Gas

Kalteng

Tersangka Penggelapan Ratusan Tabung Gas dari Teweh Disergap Polres Sampit
apahabar.com

Kalteng

Satgas Covid-19 IDI Kalteng Terharu Terima Donasi BI
apahabar.com

Kalteng

Bacok Tetangga, Pemuda di Kapuas Lebaran di Bui
apahabar.com

Kalteng

BKSDA Kalteng Lakukan Observasi di Lokasi Serangan Buaya
apahabar.com

Kalteng

Bandara HM Sidik Muara Teweh Segera Beroperasi
Update Covid-19

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: 32 Positif, 1 Sembuh
Pasca-Pilkada

Kalteng

Pasca-Pilkada, Kapolres Kapuas Imbau Jangan Unjuk Rasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com