Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan

Sertifikat Vaksin Jokowi Bocor, Kemenkes Tutup Data Pejabat di PeduliLindungi

- Apahabar.com     Jumat, 3 September 2021 - 20:17 WITA

Sertifikat Vaksin Jokowi Bocor, Kemenkes Tutup Data Pejabat di PeduliLindungi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi (tengah) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kedua kiri) memberi keterangan dalam pengungkapan tindak pidana pemalsuan sertifikat vaksinasi Covid-19 yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.id dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (3/9/2021). Foto-Antara/Fianda Sjofjan Rassat

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menutup data Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik sejumlah pejabat pada aplikasi PeduliLindungi.id.

Ditutupnya data NIK pejabat tersebut, menyusul beredarnya sertifikat vaksinasi milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diambil dari aplikasi tersebut.

“Kami sampaikan tadi malam, kami sudah terinfo soal ini. Sekarang sudah dirapikan sehingga data para pejabat ditutup,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (3/9) dilansir Antara.

Budi mengungkapkan, bukan hanya data NIK Presiden Jokowi saja yang tersebar. Ada beberapa pejabat lain yang NIK-nya bisa dibuka oleh publik namun kini semuanya telah ditutup.

“Bukan hanya Presiden saja, banyak pejabat lain yang NIK-nya tersebar keluar. Kita menyadari itu, sekarang akan kita tutup untuk pejabat yang sensitif, yang memang data pribadinya terbuka itu akan kita tutup,” katanya.

Budi mengatakan, awalnya aplikasi PeduliLindungi memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memeriksa status vaksinasi seseorang. Namun dengan bocornya data pribadi beberapa pejabat, maka Kemenkes menutup data para pejabat negara dari aplikasi PeduliLindungi.id.

Menurut informasi yang dihimpun, seorang warganet mengunggah foto yang menunjukkan surat keterangan vaksinasi Covid-19 atas nama Joko Widodo di media sosial Twitter.

Surat keterangan vaksinasi Covid-19 itu adalah milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa dilihat secara umum melalui aplikasi PeduliLindungi.

Unggahan tersebut memperlihatkan secara jelas identitas lengkap Jokowi mulai dari nama, tanggal lahir hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta QR Code vaksinasi.

Dalam sertifikat itu terdapat keterangan bahwa Presiden Jokowi sudah menjalani vaksinasi Covid-19 untuk dosis kedua pada 27 Januari 2021.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pengamen

Hiburan

TOP! Pengamen Indonesia Menangi Ajang Pencarian Bakat Italia, Begini Ceritanya
apahabar.com

Nasional

Wapres: Kecerdasan Buatan Solusi untuk Negara Jadi Pelaku Industri 4.0
Ridho Rhoma

Nasional

Ditangkap dengan Barbuk Ekstasi, Ridho Rhoma Positif Amphetamin

Nasional

24 Pegawai KPK Tak Lolos TWK akan Dibina
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 1.790 Positif, 112 Sembuh, 170 Meninggal
apahabar.com

Nasional

Kondisi 2 Pasien Positif Virus Corona di RSPI Membaik
apahabar.com

Nasional

Daftar Kekayaan Menteri Baru Jokowi: Sandiaga Uno Teratas
apahabar.com

Nasional

Update Hitung Cepat, Indo Barometer: PDIP Juara, PSI Cs Terancam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com